ANALISIS HASIL PRAKTEK PENATAAN SANGGUL SIPUT EKOR KERA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Oinike Setia Waruwu, Rasita Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil praktek penataan sanggul siput ekor kera siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2016. Lokasi Penelitian di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi Penelitian adalah siswa kelas XI jurusan tata kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan menggunakan kesepakatan penagamat dan persentase. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan penataan sanggul siput ekor kera yang diamati oleh 3 orang pengamat. 2 orang pengamat berprofesi sebagai dosen tata rias dan 1 orang pengamat sebagai guru bidang studi tata kecantikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas XI jurusan tata kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dalam melakukan penataan sanggul siput ekor kera tergolong cukup. Dimana skor tertinggi siswa sebesar 32 dan skor terendah siswa sebesar 21. Nilai rata-rata siswa sebesar 25. Setelah dilakukan uji kesepakatan pengamat penataan sanggul siput ekor kera diperoleh besaran Fo = 1,64 dikonsultasikan dengan Ftabel  pada taraf signifikan 5% dan dkk = 2 : 27, diperoleh Ftabel = 3,35 , sehingga diketahui Fo < Ft (1,64 < 3,35). Dengan semikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan penilaian (skor) dari ketiga pengamat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebanyak 1 orang (3,33%) mendaptakan hasil yang tinggi, dan 19 orang (63,34%) mendapatkan hasil penataan sanggul cukup, sebanyak 10 orang (30,33%) mendapatkan hasil yang kurang, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil penataan sanggul siput ekor kera siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam rata-rata tergolong cukup sebanyak 63,34%.

 

Kata Kunci : Penataan Sanggul, Sanggul Tradisional, Sanggul Siput Ekor Kera.

Full Text:

PDF

References


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian pada bab IV, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

Hasil Praktek Penataan Sanggul Siput Ekor Kera kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang dinilai oleh tiga observer (pengamat) dengan skor rata-rata indikator paling tinggi terdapat pada indikator peletakkan ornamen/hiasan tusuk paun yang memiliki skor rata-rata sebesar 2,7. Sedangkan skor terendah berada pada indikator penyasakan rambut bagian depan yang memiliki skor rata-rata sebesar 2,3. Dengan tingkat kecendurungan hasil praktek penataan sanggul siput ekor kera tergolong cukup yaitu terdapat pada skor 25 s/d 30 dengan frekuensi siswa sebanyak 19 orang (63,34%).

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi, (2009), Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

, (2010), Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik, Jakarta :

Rineka Cipta Behrend.

(2010), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung : Bumi

Aksara

Ayu Kartika, (2015), Analisi Pengetahuan dan Hasil Penataan Sanggul Asimetris

Pada Siswa Kelas XI Tata Kecaantikan SMK Pembangunan Daerah LubukPakam. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Echo Purnomo, (2014), Pengertian Sanggul Daerah, (http:// pengertian-sanggul-blogspot.co.id/2014/.html). Diakses 26 September 2015.

Kusuma Tiara, (2011), 33 Sanggul Daerah Indonesia, Jakarta : Meutia Cipta Sarana dan DPP Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia

Langkir Notoadhisuryo (2009), Jenis Penataan, (http://langkir-notoadhisuryo.blog

-spot.co.id). Diakses pada 24 Oktober 2015.

Nolis Marliati, (2015), Sanggul Tradisional. http://www.slideshare.net/nolismarli-ati.com. Diakses pada 6 Nov 2015.

Nurul Rahmadani, (2015), Analisis Tingkat Kemampuan Penataan Sanggul dari

Hair Piece Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Medan. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Pangaribuan Lina, (2011), Kosmetika, Universitas Negeri Medan.

Rostamailis, dkk, (2008), Tata Kecantikan Rambut Jilid 2. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Sejarah Sanggul. (http:// sejarah-sanggul.blog.html) Diakses 26 September 2015.

Sudjana, (2005), Metode Statisika, Tarsito, Bandung.

Sujono, Anas, (2010), Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Rajawali Pres.

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.