ANALISIS KEMAMPUAN MEMBUAT SANGGUL DAERAH BUGIS PADA SISWA TATA KECANTIKAN RAMBUT KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN

Masita Electa Sitinjak, Fatma Treno Intyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Bagaimana kemampuan siswa dalam Membuat Sanggul Daerah Bugis pada siswa Tata Kecantikan Rambut Kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan dengan jumlah 33 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik total sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan/observasi. Untuk menjaring kesepakatan hasil pengamatan dari setiap pengamat digunakan uji kesepakatan dengan menggunakan Analisis Varians Satu Arah.

Berdasarkan data pengamatan tentang kemampuan siswa dalam membuat sanggul daerah bugis yang dinilai oleh tiga orang observer (pengamat), diperoleh skor seluruh siswa sebesar 415 skor tertinggi 17 dan skor terendah 8. Skor rata-rata (M) sebesar 12,6 dan Standard Deviasi 1,7, rata-rata ideal sebesar 12,5 dan Standard Deviasi Ideal sebesar 2,5.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan kemampuan siswa dalam membuat sanggul daerah bugis  pada siswa tata kecantikan rambut kelas XI SMK Negeri 8 Medan tergolong cukup. Dimana  besaran Fo dikonsultasikan terhadap Ftabel pada taraf signifikan 5 % dengan dk 2:30  diperoleh 3,32 ternyata Fo = 0,49 < Ftabel 5 % = 3,32. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil penilaian (skor) dari ketiga pengamat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 33 orang sampel penelitian 3% siswa memiliki kemampuan yang sangat tinggi pada saat membuat sanggul dan 12,2% siswa yang memiliki kemampuan yang tinggi pada saat Membuat Sanggul, 25 orang (75,8%) memiliki kemampuan yang cukup dan 3 orang (9%) memperoleh nilai kemampuan yang kurang. Maka secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membuat Sanggul Daerah Bugis. Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan rata-rata tergolong cukup sebanyak (75,8%).

 Kata kunci : siswa SMK dan Sanggul  Bugis


Full Text:

PDF

References


Ade Aprilia (2015). Tata Rias Pengantin Bugis-Makasar. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rhineka Cipta.

Chitrawati,S.(1993). Dasar-Dasar Trampil Tata Rias Rambut. Jakarta: PT.Karya Utama

Dewi Apriyanti (2015). Tata Rias Pengantin Bugis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Hj. Tienuk Riefki, dkk.(2008). Kasatrian Ageng Selikuran & Kasatrian Ageng

Tata Rias Pengantin. Yogyakarta: Kanisius

Hj.. Abadi. S, (2011). 33 Sanggul Daerah Indonesia. Jakarta: Meutia Cipta Sarana

Dan Persatuan Ahli Kecantikan & Pengusaha Salon Indonesia “Tiara Kusuma”

Kusuma (2011). 33 Sanggul Daerah Indonesia.Jakarta:PT.Percetakan Penebar Swadaya

Kusumawardani. (2003). Modul Penataan Rambut. Malang: Tim Fakultas Universitas Negeri Malang.

Leighbody. (1968). Hasil Belajar Psikomotor. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

M. Deddy. (2009). Kreasi Tata Rambut Pengantin. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Puspoyo, Widjanarko, Endang. (1995). Petunjuk Praktis Untuk Pratata Dan Penataan Rambut. Jakarta: PT.Gramedia

Rostamailis, dkk.(2008). Tata Kecantikan Rambut Jilid II. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Rostamailis, dkk.(2008). Tata Kecantikan Rambut Jilid III. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Ryan.(1980). Keterampilan Belajar Mengajar. Bandung: CV.Alfabeta

Santoso, Tien.(1999). Sejarah Penganten Daerah Indonesia (Diktat). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Simpson. (1959). Keterampilan (skill). Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada

Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Sugiyono.(2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 489 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.