PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW OVERWIEW PRESENTATION EXCERSICE SUMMARY) TERHADAP HASIL BELAJAR PERAWATAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT (CREMBATH) SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 8 MEDAN

Marhogia Sembiring Mah, Rohana Aritonang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar terhadap perawatan kulit kepala dan rambut (creambath) siswa dengan menggunakan  model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui hasil belajar terhadap perawatan kulit kepala dan rambut (creambath) siswa dengan menggunakan  model pembelajaran ROPES. Dalam penelitian ini digunakan data kuantitatif yang  diperoleh dari tes hasil belajar perawatan kulit kepala dan rambut (creambath). Dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES terhadap hasil belajar pada perawatan kulit kepala dan rambut (creambath). Penelitian dilakukan di kelas X Tata kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan Tata Kecantikan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X Tata Kecantikan Kulit sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan kelas X Tata Kecantikan Rambut sebagai kelas eksperimen yang diajarkan model pembelajaran ROPES dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik yaitu uji-t pihak kanan. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk itu uji normalitas digunakan uji lilieofors. Pada kelas eksperimen diperoleh   dan kelas kontrol diperoleh  dan  sehingga  maka semua data terdistribusi secara normal. Untuk uji homogenitas digunakan uji F. Pada data postest diperoleh  sehingga  maka variansi adalah homogen.

Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada perawatan kulit kepala dan rambut (creambath) pada pembelajaran konvensional sebesar 63,07. Rata-rata nilai pengetahuan siswa pada perawatan kulit kepala dan rambut (creambath) pada pembelajaran ROPES sebesar 76,93. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh bahwa  sehingga diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada perawatan kulit kepala dan rambut (creambath) yang diajar dengan model pembelajaran ROPES lebih besar atau sama dengan hasil belajar siswa pada perawatan kulit kepala dan rambut (creambath) yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci :Model Pembelajaran ROPES, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Aqih, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful. (1996). Psikologi Belajar. Cek I; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Githa Vistalin. (2012).Belajar Salon. Jakarta: Gramedia.

Hadisuwarno Rudy. Pengertian dan manfaat Creambath. (Online). Tersedia :http://aylacream.com/pengertian-dan-manfaat-creambath.html (pada tanggal 2 September 2015 jam 18.00 Wib).

Kusumadewi, Bamabang Titi, Handdy Emmy Dan Harahap Sartini. (2000). Tata Kecantikan Rambut Tingkat Terampil. Depok Utara: Meunita Cipta Sarjana

Lubis Desi Margaretha. (2011). Penerapan Model Pembelajaran ROPES Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Busana Oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Medan T.P 2011/2012. Medan: Skripsi.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda karya.

Rostamailis. (2008) .Tata Kecantikan Rambut Jilid 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Ade. (2011). Pengertian Prestasi Belajar- Contoh Makalah Pendidikan. (Online). Tersedia :http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/02 /prestasi-belajar.html(pada tanggal 10 September 2015 jam 20.00 Wib).

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. (2002). Metode statistik. Bandung: PT Trasito.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.