PENGEMASAN TORTOR HATA SOPISIK DALAM MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS WEBSITE UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Gustina Sijabat1 Sekolah Menengah Pertama Swasta Bakti Mulia Onan Runggu Kab Samosir Jalan. Pulau Samosir, Pakpahan Kode Pos 22493 Sumatera Utara
  • Iskandar Muda Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan Jalan. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate 20221, Sumatera Utara-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/senitari.v9i1.17985

Abstract

ABSTRACTThis study aims to describe how the Website-based Tortor Hata Sopisik packaging. The theoretical foundation in this study is used as a basis for data collection consisting of learning theory, packaging, Tortor Hata Sopisik, audio-visual media and Website, which are used as a reference in the packaging of this research. The method used in this research is qualitative descriptive method. The population is dance education study program students and informants who know the Toba Batak dance, especially Tortor Hata Sopisik, while the research sample is two students, one male and one female. Data collection techniques are carried out by means of observation, interviews, study of literature, documentation, and research instruments that use a questionnaire to test the feasibility of media experts and material experts and by means of observation, interviews, study of literature, documentation, and data analysis techniques. The results of this study are the Tortor Hata Sopisik. Packaging which is packaged into a form of Website-based audio visual media in accordance with the theory used. The packaging steps in this study use 3 stages, namely (1) Designing Phase (2) Production Phase (3) Testing Phase. At the design validation stage, this product involves 2 people validating material experts, and 2 people validating media experts. Scores obtained from validation and user trials get very good category with a detailed score of 4.6 from the material expert validation trial, a score of 4.37 from the media expert validation test. This learning video product is packaged into audio visual media then uploaded to the Website that is used by utilizing the internet network. Kata kunci : Packaging, Tortor Hata Sopisik Website ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengemasan Tortor Hata Sopisik berbasis Website. Landasan teoritis dalam penelitian ini dijadikan pedoman dalam pengumpulan data terdiri dari teori pembelajaran, pengemasan, Tortor Hata Sopisik, media audio visual dan Website, yang dijadikan acuan dalam pengemasan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa prodi pendidikan tari dan narasumber yang mengetahui tarian Batak Toba khususnya Tortor Hata Sopisik, sedangkan sampel penelitiannya adalah mahasiswa berjumlah dua orang, satu laki-laki dan satu perempuan. Data ini kemudian dianalisis dengan metode kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Pengemasan Tortor Hata Sopisik yang dikemas kedalam bentuk media audio visual berbasis Website sesuai dengan teori yang digunakan. Langkah-langkah pengemasan dalam penelitian ini menggunakan 3 tahap yaitu, (1) Tahap Pembuatan Rancangan (2) Tahap Produksi (3) Tahap Uji Coba.  Pada tahap validasi desain, produk ini melibatkan 2 orang validasi ahli materi, dan 2 orang validasi ahli media. Skor yang didapat dari validasi dan uji coba pengguna mendapat kategori sangat baik dengan rincian skor 4,6 dari uji coba validasi ahli materi skor 4,37dari uji validasi ahli media. Skor tersebut membuktikan bahwa produk video pembelajaran ini layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran seni budaya kelas X Sekolah Menengah Atas, produk video pembelajaran ini dikemas kedalam bentuk media audio visual kemudian diunggah ke Website yang digunakan dengan memanfaatkan jaringan internet. Kata kunci : Pengemasan, Tortor Hata Sopisik, Website

Downloads

Published

2020-06-25