PENARI BERHIJAB DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT SEBAGAI AJANG DAKWAH MELALUI KESENIAN

Muhammad Parhan, Cindy Anugrah Pratiwi, Rika Agustina, Salsa Nurul Aini

Abstract


Abstract - The purpose of this research is to provide an overview of the implications of Islamic religious science and art. Not many dancers use their hijab when dancing, because it is considered a foreign thing. Various stigmas appear in society's perspective when they see dancers wearing hijab. One of the negative stigmas given is that someone who uses the hijab should not dance because often the movements they do can lead to disobedience, for example erotic movements, it creates lust for men who are not the mahrom. However, it turns out that there is an implied message of da'wah from dancers wearing hijab when dancing. Because in essence every dance has a meaning contained in it. In addition, dancing is not just a hobby but as a place to actualize oneself through movements that have meaning in dance. Given this phenomenon, we are interested in conducting this research. This research was conducted to collect, conclude, and share various understandings from different perspectives regarding the dancer who wears the hijab. A qualitative approach with descriptive analysis was cho sen in this study, because the author wanted to obtain extensive and unlimited data. This research can be useful as a reading resource with the aim of opening up the latest views for the community. In addition, this study provides motivation for women who use the hijab so that they do not feel limited to expression such as dancing.

 

Keywords: art; da’wah; hijab dancers

Abstrak - Dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran implikasi  ilmu agama Islam dan seni. Tak banyak penari yang menggunakan hijabnya saat menari, karena dianggap sebagai hal yang asing. Berbagai stigma muncul dalam perspektif masyarakat ketika mereka melihat penari berhijab. Salah satu stigma negatif yang diberikan yaitu seseorang yang menggunakan hijab tidak seharusnya menari karena seringkali gerakan yang dilakukan dapat menimbulkan kemaksiatan contohnya gerakan-gerakan yang erotis, hal itu menimbulkan nafsu sahwat terhadap laki-laki yang bukan mahromnya. Namun ternyata ada pesan dakwah yang tersirat dari penari berhijab ketika menari. Karena pada hakikatnya setiap tarian terdapat makna yang terkandung di dalamnya. Selain itu, menari bukan hanya sekedar hobi namun sebagai wadah untuk mengaktualisasikan diri melalui gerakan yang memiliki makna pada tarian. Dengan adanya fenomena tersebut, kami tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penilitian ini dilakukan untuk mengumpulkan, menyimpulkan, dan berbagi berbagai pemahaman dari sudut pandang berbeda mengenai penari yang memakai hijabnya tersebut.


 

Pendekatan kualitatif dengan deskriptif analisis dipilih dalam penelitian ini, dikarenakan penulis ingin memperoleh data yang bersifat luas dan tak terbatas. Penelitian ini dapat bermanfaat sebagai sumber bacaan dengan tujuan membuka pandangan terbaru untuk masyarakat. Selain itu, penelitian ini memberikan motivasi kepada wanita yang menggunakan hijab agar tidak merasa terbatas untuk berekspresi seperti menari.

 

Kata kunci : seni;  Dakwah; Penari Berhijab

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gest.v11i1.34271

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Parhan, Cindy Anugrah Pratiwi, Rika Agustina, Salsa Nurul Aini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.