Implementasi Kahoot Berbasis Digital Game Based Evaluation Pada Pembelajaran Gerak Dasar Tari
Abstract
Kegiatan pembelajaran yang dituntut aktif dan berpusat kepada siswa, mengharuskan guru mencari berbagai solusi untuk membuat proses pembelajaran yang menarik dan bersifat baru dengan menghadirkan berbagai inovasi baik dalam media, model, strategi, metode, materi, hingga evaluasi pembelajaran. Tantangan tersebut harus dilakukan dengan mendesain perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang terbaru, agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik, terlebih dalam materi teori yang mengharuskan siswa aktif dalam pemeblajaran. Beberapa contoh penggunaan media daring (online) antara lain Google Clasroom, Google Form, Zoom Metting, Kahoot, WhatsApp, Telegram, Instagram, Tiktok atau pun media lainnya yang tersedia di smartphone. Hal tersebut yang menjadi latar belakang adanya penelitian terhadap minat pembelajaran siswa pada materi seni budaya. Berbagai pendapat yang menjadi perbincangan di lingkungan siswa antara lain: kurang jelasnya penyampaian materi praktik, kurangnya minat belajar siswa, kurang menariknya proses belajar mengajar, kurangnya penerapan media pemebelajaran dalam proses belajar menagajar, serta kurang efektifnya waktu pembelajaran, dari fenomena tersebut peneliti akhirnya tertarik untuk melakukan penelitian tentang Implementasi Kahoot Berbasis Digital Game Based Evaluation Pada Pembelajaran Gerak Dasar Tari yang dilakukan pada kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 1 Binuang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengimplementasikan media pembelajaran Kahoot yang digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Digital Game Based Evaluation yang berbasis permainan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tindakan kelas dengan teknik analisis data kualitatif deskriptif dengan menganalisi dan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menggunakan Kahoot. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pendeskripsian dan penjelasan mengenai pembelajran seni budaya aspek seni tari yang menggunakan Kahoot berbasis Digital Game Based Evaluation pada pembelajaran gerak dasar tari yang dilakukan pada SMA Negeri 1 Binuang kelas XI MIA 1.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditia, Sidiq. 2021. Inovasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Pada Masa Pandemi COVID 19. Universitas Riau. Diakses pada halaman website http://osf.io/peprints/wjm5
Aini, Saras, dkk. 2013. Pocketbook as Media of Learning to Improve Students’ Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume XI(2):68-75
Ally, Mohammed. 2009. Mobile Learning: Transforming the Delivery of Education and Training. Canada: Athabasca University Press.
Darren H., et al. 2017. “Analyzing The Efficacy Of The Testing Effect Using Kahoot On Stident Performance”. Turkish Online Journal Of Distance Education 18, no. 2
Fatmawati. 2021. Pengaruh Penerapan Media Kuis Berbasis Kahoot Terhadap Minat Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Atas Budi Luhur Pangkalan Kresik.Skripsi.Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Jambi
Hasbullah. 2009. Dasar-dasar ilmu pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mahmud. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Sudijo, Anas. 2011. Pengentar Evalusi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v11i2.39165
Article Metrics
Abstract view : 242 timesPDF - 254 times
Refbacks
Copyright (c) 2022 Samsul Fajri, Wahyu Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.