PROSES PEMBELAJARAN TARI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SANGGAR SRIPANGLARAS KULON PROGO

Annisa Nada Salsabila, Dwi Faris Sa’adah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tari pada anak berkebutuhan khusus di Sanggar Sripanglaras Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi guna memperkuat data secara kualitatif mengenai masalah yang diteliti. Sumber data penelitian berasal dari Sanggar Sripanglaras dan pendiri sekaligus pelatih di sana. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi, sehingga didapatkan hasil berupa proses pembelajaran tari pada anak berkebutuhan khusus di Sanggar Sripanglaras Kulon Progo. Sejak tahun 2019 Sanggar Sripanglaras mulai aktif mengajarkan tari kepada anak tunarungu dan tunagrahita dengan cara door to door. Pengelola sanggar menjemput dan mengantarkan kembali anak-anak berkebutuhan khusus setelah melakukan latihan dirumah sanggar. Pembelajaran dilakukan layaknya mengajarkan tari pada anak normal, yaitu dengan hitungan 1x8 secara berulang-ulang. Pada proses pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus, ada beberapa metode yang dipakai seperti demonstrasi, imitasi, drill, dan isyarat. Selain itu juga menggunakan teknik speech reading, teknik cued speech, dan teknik aba-aba.

Keywords


Anak berkebutuhan khusus, pembelajaran seni, tari angguk.

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1), hal 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (6), hal 94–100. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur : Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (3), hal 4325–4336. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800.

Feryantari, N. A. (2023). Pembelajaran Tari Remo Bolet Dengan Metode Imitasi pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sanggar Mulyojoyo Enterprise. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12 (1), hal 93–104. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46054.

Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi Dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), hal 109–123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383.

Hayuningtyas, A. D. M. E. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Anak guna Mengenalkan dan Menanamkan Nilai Gerak Tari Angguk Kulon Progo. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30068.

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio, 7 (4), hal 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip.

Kurniawati, D.-, & Kalimah, S. (2022). Classroom Interaction In English Class For Hearing Impairment Students In SMP-LB (B) Negeri Tuban. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 16 (1), hal 81–90. https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.300.

Laely, K., Nofiyanti, W., Handayani, L., Irchamiyah, S., Hadi Saleh, A., & Rukmana, F. (2022). Pembelajaran loose parts berbasis kearifan lokal di TK Pertiwi Bina Siswa. Community Empowerment, 7 (3), hal 406–411. https://doi.org/10.31603/ce.4334.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tanggerang. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3 (1), hal 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

Nuraini. (2022). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keariffan Lokal, 2 (6), hal 304–320. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206.

Nurlaila, E. (2023). Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Observasi Persekolahan. Journal of Elementary School Education, 3 (1), hal 212–221. https://doi.org/https://doi.org/10.52657/jouese.v3i1.1905.

Purba, E. J., Putra, A. K., & Ardianto, B. (2020). Perlindungan Hukum Warisan Budaya Tak Beda Berdasarkan Convention for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage 2003 dan Penerapannya di Indonesia. Journal of International Law, 1 (1), hal 90–117. https://online-journal.unja.ac.id/Utipossidetis/article/view/8431/6696.

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), hal 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1257.

Rusdiyanto. (2021). Sosialisasi Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak bagi Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Inklusi di SDN Wirolegi 1 Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (2), hal 109–118. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/mujtama’.v1i2.5918.

Sari, L. P., Djatmiko, G., & Sarjiwo. (2021). Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri pada ABK Tunarungu di Sanggar Seni Sripanglaras. Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 11. http://lib.isi.ac.id/

Setiawan, E., & Apsari, N. C. (2019). Pendidikan Inklusi: Upaya Mewujudkan Kesetaraan dan Non Diskriminatif di Bidang Pendidikan bagi Anak dengan Disabilitas (AdD). Sosio Informa, 5 (3), hal 188–198. https://doi.org/10.33007/inf.v5i3.1776.

Weningsari, R. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Angguk Putri Sripanglaras Desa Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo.Institut Seni Indonesia Yogyakarta. http://lib.isi.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v12i2.45120

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Nada Salsabila, Dwi Faris Sa’adah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.