BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN TARI SLUKU-SLUKU BATHOK PAGUYUBAN TURONGGO SETO KABUPATEN PURWOREJO
Abstract
Tari Sluku-Sluku Bathok merupakan tarian pembuka yang berisi gerak-gerak dasar sebagai pijakan tari jaran kepang lainnya yang ada di Paguyuban Jaran Kepang Turonggo Seto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi pertunjukan Tari Sluku-Sluku Bathok Paguyuban Jaran Kepang Turonggo Seto Desa Piji Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Penelitian mengunakan pendekatan etnokoreologi dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data mengunakan teknik triangulasi data yang meliputi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data mengunakan etnokoreologi yang digunakan sebagai pisau bedah utamanya bagian tekstual serta kontekstual bentuk dan fungsi pertunjukan tari Sluku-Sluku Bathok. Tahap analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dam penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bentuk dan fungsi pertunjukan tari Sluku-Sluku Bathok adalah tari Sluku-Sluku Bathok merupakan pengembangan kesenian Jaran Kepang Khas Kabupaten Purworejo. Tari Sluku-Sluku Bathok memiliki tema prajurit Panji Asmara Bangun yang terdiri dari 15 orang penari dan 10 orang pemusik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Ibrahim, M. B., & Rahmah, S. (2019). Hubungan Matakuliah Tata Rias Dan Busana Dengan Jasa Mua Pada Lulusandan Mahasiswa Prodi Pendidikan Tari Universitas Negeri Medan. Gesture : Jurnal Seni Tari, 8(1), 20.
Jazuli, M. (1994). Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Pres.
Jazuli, M. (2016). Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV Farishma Indonesia.
Jazuli, Muhammad. (2001). Paradigma Seni Pertunjukan. Yogyakarta: Lentera Budaya.
Kusmayati, H. A. M. (2000). Arak-Arakan: Seni Pertunjukan Dalam Upacara Tradisional Madura. Yogyakarta: Yayasan Untuk Indonesia.
Murcahyanto, H., & HD, D. S. (2016). Pertunjukan Menubuhkan Seni(Nya Indonesia) dan Respon Penonton Dalam Perspektif Pascastrukturalisme. Educatio, 11(1), 68–89.
Murgiyanto, S. (1992). Koreografi. Jakarta: P.T. Ikrar Mandiri Abadi.
Mursito, H. S. D., & Lestari, O. T. (2023). Analisis Makna, Unsur Dan Fungsi Tari Ndayak Grasak. Gesture: Jurnal Seni Tari, 12(1), 47.
Narawati, T. (2013). Etnokoreologi: Pengkajian tari etnis & kegunaannya dalam pendidikan seni.
Nuraini, I. (2011). Tata Rias dan Busana Wayang Orang Gaya Surakarta. Yogyakarta: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta.
Paranti, L. (2014). Perkembangan Kesenian Kuda Lumping Di Desa Wisata Keji Kabupaten Semarang. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Paranti, L., Pebrianti, S. I., Seriati, N. N., & Kasmahidayat, Y. (2023). Apresiasi Pertunjukan Tari. Semarang: Unnes Press.
Putri, A. F., & Paranti, L. (2023). Makna Simbolik Tari Kencar-Kencar Di Kabupaten Karanganyar. Gesture: Jurnal Seni Tari, 12(1), 1.
Rohidi., T. R. (2011). Metodologi Penelitian. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Sari, J. T., & Rahmah, S. (2023). Tari Payung Pada Masyarakat Pesisir Sibolga: Kajian Fungsi. Gesture: Jurnal Seni Tari, 12(1), 76.
Simatupang, L. (2013). Pergelaran : Sebuah Mozaik Penelitian Seni-Budaya. Yogyakarta: Jalasutra.
Soedarsono. (1986). Elemen-Elemen Dasar Komposisi Tari. Yogyakarta: Legaligo.
Soedarsono. (2002). Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Jakarta: Depdikbud.
Soedarsono, R. (1999). Seni Pertunjukan Indonesia dan Parisiwata. Bandung: MSPI.
Soedarsono, R. M. (1998). Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendiidkan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyudianto. (2008). Pengetahuan Tari. Surakarta: ISI Press Solo.
Widayanto, Y. P. (2017). Bentuk Pertunjukan Tari Sluku-Sluku Bathok di Paguyuban Bayu Turonggo Desa Cangkrep lor. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v13i1.56670
Article Metrics
Abstract view : 343 timesPDF - 198 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rochmat Supanto, Lesa Paranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.