PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA YPPLB KOTA PADANG

Novi Kurnia Sari, Afifah Asriati

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh  penggunaan media FlashCard terhadap daya ingat siswa  kelas  IX smp SLB YPPLB Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel  bebas (IndependentVariable) dan Variabel Terikat (Dependent Variable). Instrumen penelitian ini menggunakan tes hafalan gerak tari. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah Uji Normalitas, Uji Paired Sample t-Test, Uji Homogenitas dan Uji Independent Sample t-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan  hasil dari kegiatan ekstrakurikuler tari siswa antara penggunaan media Berbasis Manusia (Konvensional) dengan media FlashCard. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil kemampuan daya ingat siswa kelas eksperimen yaitu 88,33, sedangkan nilai rata-rata hasil kemampuan daya ingat siswa kelas kontrol yaitu 73,33.  Kemudian diperkuat lagi dengan hasil pengujian Independent Sample t-Test dimana nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003  0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara kelompok yang diberikan media FlashCard dengan yang hanya menggunakan media berbasis Manusia (Konvensional).


Keywords


Penggunaan, Media Flashcard, Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. R. (2022). "Flash Card Sebagai Media Pembelajaran Dan Penelitian". Sukabumi: Haura Publishing.

Arsad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Aulia, S.M. Purnomo, T.W. Faisal, F. & Pardede, M.O.N (2023). Pengembangan ModulPraktikum Tari Etnik Sumatera Utara Berbasis Education for Sustainable Development. Gesture: Jurnal SeniTari, Vol 12(2): 100-121.

Budi, S., & Utami, I. S. (2019). Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Genetika Dan Neurologimahasiswa Semester 1 Jurusan PLB FIP. 3(3), 43–46.

Handayani, W., & Yanuartuti, S. (2017). Pembelajaran Seni Tari Menggunakan Model Kooperatif Bagi Siswa Tunagrahita di SDLB AKW Kumara 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1).

Hendriani, Dita. (2016). Pegembangan Seni Budaya dan Keterampilan. Yogyakarta: Ombak.

Indrayuda. (2014). Tari sebagai Budaya dan Pegetahuan. Padang: UNP Press.

Iswari, Mega dan Safaruddin. (2019). Bimbingan Pengembangan Diri Anak Bekebutuhan Khusus. Jakarta: Prenamedia Group.

Khoiriyah, P.A dan Pradipta, R.F. (2017). “Media Counting Board untuk kemampuang berhitung Anak Tunagrahita Ringan”. Jurnal Ortepadagogia 3(2), 109-113.

Meidiani, H., Yuliasma, Y., & Asriati, A. (2017). Meningkatkan hasil belajar iswa dalam pembelajaran seni tari dengan metode cooperative learning pada kelas xi ips 2 di sma negeri 1 pulau punjung. Jurnal Sendratasik, 6(2), 15-19.

Murti, Ndaru, R.A. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Fumgsional melalui Media Flashcard bagi anak Tunagrahita Ringan Kelas II SLB N Pembina Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurbayani, S., Yuliasma, Y., & Asriati, A. (2017). Menumbuhkan Kreativitas Anak Tunarungu dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Sendratasik, 6(1), 18-27.

Sari, M. P. (2020). Studi Deskriptif Minat Membaca Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak “X” (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga. 6, 963–970.




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v13i1.57049

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novi Kurnia Sari, Afifah Asriati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.