DOKUMENTASI TOR-TOR SIMALUNGUN SEBAGAI LITERASI BUDAYA

Aldi Alfiansyah Sinaga, Sitti Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menginformasikan kesenian Simalungun khususnya Tor-tor Sirittak Hotang dan Tor-tor Dihar Natar sebagai literasi budaya. Penulis menggunakan teori dokumentasi milik Sugiyono (2018: 476), teori Tor-tor milik Harvina (2018; 1), dan teori literasi budaya milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017: 3). Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Sanggar Tor-tor Elak-elak Simalungun yang terletak di desa Sirpang Dalig Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan dokumentasi berbentuk arsip tulisan yang dilengkapi dengan audio visual (VCD), yang di dalamnya mendeskripsikan asal mula, terminologi gerak, pola lantai, dancescript gerak, iringan dan alat musik, serta tata rias dan busana pada Tor-tor Sirittak Hotang dan Tor-tor Dihar Natar. 


Keywords


Dokumentasi, Tortor Simalungun, Literasi Budaya.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, D., Runtu, T., & Gamaliel, H. (2020). Pemahaman Pegawai Tentang Pajak Penghasilan Pasal 21 Pada PT. Matahari Department Store, Tbk Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4).

Gultom, I., & Tari, P. S. (2013). Tortor Sirintak Hotang Pada Masyarakat Simalungun. Kajin Terhadap Konsep Koreografi. Jurnal Skripsi Jurusan Sendratasi kFakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Medan.

Harvina, H. (2018). TorTor Sombah (tarian dari tanah Simalungun) (No. 65). Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kanusta, M., Sahertian, P., & Soraya, J. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 152-156.

Karmadi, A. D. (2007). Budaya lokal sebagai warisan budaya dan upaya pelestariannya. Kemendibud.co.id.

Nazar, S. (2019). Pengaruh Keragaman Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Distro Heaven (Survei Pada Pengunjung Distro Heaven Trunojoyo Bandung) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.

Purba, R. (2016). Nilai Pendidikan Dalam Tortor Sirintak Hotang Pada Masyarakat Simalungun (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Setyaningrum, N. D. B. (2018). Budaya lokal di era global. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 20(2), 102-112.

Simanungkalit, S. M. F. (2017). Dihar Sitarlak Pada Masyarakat Simalungun: Kajian Semiotik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Simbolon, M. M. (2016). Bentuk Penyajian Ansambel Gondang Sabangunan Sebagai Pengiring Tortor pada Pesta Adat Tugu Silahisabungan di Desa Silalahi Nabolak Kecamatan Silahiabungan Kabupaten Dairi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Sinurat, M., & Siregar, F. R. (2021). Membumikan Literasi Budaya dengan Anjungan Kearifan Lokal di SMP Swasta Putri Cahaya Medan. Quaerite Veritatem: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.

Sudarsono, B. (2017). Memahami dokumentasi. Acarya pustaka: jurnal ilmiah perpustakaan dan informasi, 3(1), 47-65.

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode penelitia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20-32.

Widjaja. (2019). Makna Tari Napa Pada Bimbingna Adat Suku Serawau Di Kota Manna Kabupaten /bengkulu Selatan. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 8-9.




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v13i1.57066

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aldi Alfiansyah Sinaga, Sitti Rahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.