PEMBELAJARAN TARI MELAYU SERDANG BERBASIS MODEL SINEKTIK SEBAGAI STIMULUS BERPIKIR KREATIF

Authors

  • Sri Mustika Aulia Universitas Negeri Medan
  • Nurwani Nurwani Universitas Negeri Medan
  • Try Wahyu Purnomo Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/gjst.v13i2.64635

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tidankan kelas yang mengimplementasikan pembelajaran Tari Melayu Serdang berbasis model pembelajaran sinektik sebagai upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Proses pembelajaran tari di Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan praktik menari, pemahaman konsep kebudayaan dan pengembangan aspek kreativitas melalui media tari. Terdapat tiga tipe analogi yang digunakan dalam model sinektik sebagai dasar pembentukan pola pikir kratif yaitu personal analogy, direct analogy, dan compressed analogy. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus yang masing-masing tahapannya terdiri dari persiapan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari pembelajaran Tari Melayu Serdang yang di terapkan ternyata dapat meningkatkan aspek kreatifitas mahasiswa dalam mengembangkan gerakan dasar tari Melayu yang bersumber dari gerakan Lenggang Patah Sembilan dan Lenggok Mak Inang. Transformasi nilai-nilai kebudayaan melalui Tari Melayu Serdang dapat memberikan efek positif bagi mahasiswa untuk membentuk iklim harmonis, sehingga nilai kearifan lokal dapat merespon aspek modernisasi secara positif dan produktif sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan.

Downloads

Published

2024-10-28