PELESTARIAN SENI TARI SANGGAR JAGADHITA KAUMAN, KABUPATEN BATANG MELALUI PENGENALAN PADA ANAK-ANAK HINGGA ORANG DEWASA

Authors

  • Liya Dina Kamila Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Atiqa Sabardilla Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/gjst.v14i1.65273

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana awal mula berdirinya Sanggar Jagadhita, jenis tari, strategi yang dilakukan, keberhasilan, kendala yang dialami, serta dampak dari keikutsertaan peserta dalam Sanggar Jagadhita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, wawancara bersama pemilik sanggar dan beberapa siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sanggar Jagadhita dalam memperkenalkan seni tari sebagai warisan budaya bangsa sudah cukup baik, mulai dari memperkenalkan banyak tarian dengan berbagai metode, mengatasi kendala yang dialami, serta memberikan pendidikan karakter yang baik sehingga berdampak baik pula kepada siswa. Selain hal tersebut, Sanggar Jagadhita juga sudah cukup berhasil dalam upaya melestarikan budaya daerah dengan mengenalkan banyak tarian kepada generasi muda, hal itu ditunjukkan dari beberapa penghargaan yang telah diperoleh Sanggar Jagadhita dari awal berdiri hingga saat ini yang sudah terhitung tujuh tahun lamanya.

References

Arianti, I. R., & Herlinah. (2020). Eksistensi Sanggar Semarak Candrakirana dalam Mengembangkan Seni Tari di Kota Surakarta. Jurnal Seni Tari, 9(2): 119. https://doi.org/10.15294/jst.v9i2.42933

Dewantara, J.A., Ega, N.C., dkk. (2022). Maintaining Local Identity in The Era of Globalization Through The Art Studio of Bougenville. Jurnal Borneo Akcaya, 8(2): 121-122. https://doi.org/10.51266/borneoakcaya.v8i2.240

Lillaharita, S., Agus, B., & Ace, I. S. (2023). Pengelolaan Sanggar Seni Saayun Salangkah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Jurnal Seni Tari dan Pendidikan Seni Tari, 3(2): 293. https://doi.org/10.17509/ringkang.v3i02.60546

Malahati., Anelda, U.B., dkk. (2023). Kualitatif: Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2): 347. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902

Resi, L.A., Sutarno, H., & Slamet, S. (2019). “Pendidikan Seni Sarwi Retno Budaya Surakarta Sebagai Pengembangan Karakter Anak”. Jurnal Seni Budaya, 34(3): 406-407. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.648

Romadhon, A.N., & Purwandari, E. (2020). Peran Sanggar Regoling Ma’rifat dalam Penanaman Karakter Pada Anak di Era Digital. Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1): 68. https://doi.org/10.23917/indigenous.v5i1.11144

Sukma, K.M., Tri, W., Ika, W.W. (2023). Keberadaan Sanggar Seni Acharya Budaya dalam Pengembangan Seni Tari di Kabupaten Blitar. Journal of Language, Literature, and Arts, 3(5): 741. https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p739-754

Yuliana., Albertina, N.L., dkk. (2023). Peran Sanggar Seni Sebagai Peradaban: Sebuah Upaya Menjaga Warisan Budaya di Kampung Mamda Wayan. Community Development Journal, 4(1): 187. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12123.

Downloads

Published

2025-04-30