METODE PELATIHAN TARI MIDAT-MIDUT DI SANGGAR TARI JUJU KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.24114/gjst.v14i1.65274Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode pelatihan tari yang digunakan di Sanggar Tari Juju. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data tiangulasi teknik dan waktu. Analisa data menggunakan data reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan pelatihan pada Tari Midat-Midut di Sanggar Tari Juju efektif dengan menggabungkan metode cerita dalam tahap persepsi, metode demonstrasi dan metode imam dalam tahap replikasi, dan metode latihan atau drill dalam tahap umpan balik dan pengulangan. Metode tersebut membantu anak-anak dalam memahami tema tari, mempraktikan gerakan yang telah diajarkan dengan tepat, dan memperbaiki keterampilan melalui latihan berulang, sehingga dapat mengembangkan pemahaman dan rasa percaya diri mereka. Kontribusi penelitian memperkaya kajian pelatihan tari tradisional dengan metode yang efektif.References
Amir, H. (2020). Metode Penelitian Fenomenologi (N. A. Rahma (ed.). Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Fanani, A. (2014). Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 171–192. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.576
Gotama, N. N. W. A., & Kiswara, K. A. T. (2019). Strategi Pembelajaran Seni Tari pada Anak Disabilitas pada Sanggar Sekar Dewata Desa Serongga Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar. WIDYANATYA, 1(2), 128–138.
Jati, N. K., & Apriani, W. L. (2023). Metode Pelatihan Tari pada Anak Usia Dini dengan Aplikasi Pedagogis di Lingkungan Sanggar Tari Kelurahan Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Seni, 4(2), 141–156. https://doi.org/10.24821/jps.v4i2.11171
Mulyani, N. (2016). Pendidikan seni tari anak usia dini. Yogyakarta: Gava Media.
Nafi Ilma Zidna, P. L. (2024). Metode Pelatihan Tari Batik Gringsing di Sanggar Jagaditha. 13(2), 220–237.
Nurjaman, F., Sudadio, S., Faturohman, N., Luar, P., Universitas, S., & Banten, T. (2017). Penelitian Guru Indonesia Peran Pembelajaran Seni Tari Dalam Pengembangan Motorik Siswa Di Sdn Salembaran 3 Tangerang. 1(2), 152–160. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.19414
Oktariani, D. (2024). Pelatihan Tari Jepin Langkah Simpang Pada Siswa SMKN 1 Sukadana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1127–1133. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2934
Purwaningsari, D., & Arhon Dhony, N. N. (2022). Aspek Penari Dalam Koreografi Kelompok Tari Kipas Chandani Di Sanggar Sastra Mataya. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(1), 18–35. https://doi.org/10.26740/geter.v5n1.p18-35
Puspitaningsih, F., Nugroho, W., Jannah, M., Sholikah, H., Utami, A., Saputro, N. D., & Utami, W. A. (2023). Penanaman Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Anak-Anak di Desa Jajar. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 155–164. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i2.1378
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wilmerding, V., & Krasnow, D. (2021). Learning Dance to Improve Motor Skills of Lightweight Palsy Cerebral Patients at YPAC Semarang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 493–501. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i3.119.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wulan Suci Nur Rohmayani, Lesa Paranti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Gesture: Jurnal Seni Tari agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)