PENGEMASAN BAHAN AJAR TOR-TOR ILAH BOLON BERBASIS CANVA UNTUK SISWA SMP

Authors

  • Arti Sutriska Siallagan Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Sitti Rahmah Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/gjst.v14i1.65299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengemas bahan ajar Tor-tor Ilah Bolon berbasis aplikasi Canva untuk siswa Sekolah Menengah Pertama sesuai Fase D Kurikulum Merdeka pada elemen berpikir dan bekerja secara artistik (Thinking Artistically). Bahan ajar ini dirancang agar peserta didik mampu menunjukkan hasil gerak tari kreasi berdasarkan nilai, jenis, dan fungsi tari tradisional dalam berbagai penyajian, baik individu maupun kelompok, menggunakan unsur utama dan pendukung tari. Proses pengemasan bahan ajar mengikuti tahapan model ADDIE berdasarkan pedoman Djamarah (2010). Penelitian dilakukan di Sanggar Marilah Simalungun untuk menggali data terkait Tor-tor Ilah Bolon dan mengambil dokumentasi di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menghasilkan bahan ajar digital yang terdiri dari lima aktivitas belajar yang membahas elemen Tor-tor Ilah Bolon. Setelah diuji oleh ahli materi dan media, bahan ajar ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran seni budaya bagi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pelatihan. Penilaian ahli materi pada aspek kesesuaian capaian pembelajaran, kelayakan isi, bahasa, dan pengorganisasian memperoleh nilai rata-rata 4,7 (layak), dan penilaian ahli media pada aspek tampilan dan visual bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 4,8 (layak).

References

Handoko, S. B., Sumanta, S., & Karman, K. (2022). Konsep pengembangan sumber belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11275-11286.

Hasan, M., Nasution, N., Sofyan, S., Guampe, F. A., Rahmah, N., Mendo, A. Y., & Atirah, A. (2023). Pendidikan dan Sumber Daya Manusia: Menggagas Peran Pendidikan dalam Membentuk Modal Manusia. Makasar: Penerbit Tahta Media.

Marheni, W., Lestari, P. W., Sababalat, L., & Novalia, L. (2025). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran yang Efektif. Student Scientific Creativity Journal, 3(1), 48-56.

Nurdianti, I., Rahma, C. P., Daulay, L. M. Y., Sari, F. Y., Nurani, T., & Setiawan, B. (2023). Penyusunan Silabus Serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Serta Pengaplikasian Dasar Mengajar Dalam Pembelajaran PKN SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3082-3091.

Permatasari, A. D., Iftitah, K. N., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan literasi indonesia melalui buku elektronik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 261-282.

Putri, A., Arrasuli, B. A., & Adelia, R. P. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis CANVA. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 5, No. 01).

Rasa, I. N. M. A. G., Astiti, M. P., Eryani, I. A. A. P., Yudiastari, I. N. M., & Semaryani, I. A. A. M. (2023). Pentingnya Kemasan Dalam Pemasaran Produk. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.

Rustamana A., Purnamasari A. (2023). Pemanfaatan Dan Pengembangan Bahan Ajar Non-Cetak: Berbantuan Komputer. Sindoro: Cernderkia Perndidikan 1(7): 101–12.

Saragih, S. T. (2022). Upaya Melestarikan Budaya Simalungun Di Era Digitalisasi. JEBIT MANDIRI-Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Teknologi, 2(1), 43-48.

Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis kebutuhan penggunaan bahan ajar berbasis teknologi infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304-9314.

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144.

Downloads

Published

2025-04-30