Tradisi Topeng Labu Menjadi Pertunjukan Tari Topeng Labu Pada Masyarakat Muara Jambi Provinsi Jambi

Aulia Ressy Octaviani, Erlinda Erlinda, Surherni Surherni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas tradisi Topeng Labu menjadi pertunjukan tari Topeng Labu pada masyarakat Muara Jambi Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskripsi analisis, yaitu seluruh data yang diperoleh baik data lapangan dijabarkan kemudian dianalisis sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan. Pendapat yang digunakan mengenai perkembangan oleh Rendra dan mengenai bentuk oleh Y Sumandiyo Hadi. Hasil penelitian ini adalah Topeng labu merupakan sebuah legenda yang menceritakan seorang pemuda yang terkena penyakit kusta yang diangkat oleh dua seniman kedalam bentuk tradisi Topeng Labu kemudian menjadi tari kreasi Topeng Labu agar budaya di daerah Muara Jambi tidak hilang.

 

Kata Kunci: Topeng Labu: Bentuk dan perkembangan.


Full Text:

PDF

References


Daryusti . (2010). Lingkaran Lokal Genius dan Pemikiran Seni. Cipta Media

Fitri, Y., & Saaduddin, S. (2018). Reinterpretasi Dramaturgi Lakon Kebun Ceri Karya Anton P Chekhov. Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan, 4(2), 149–162. https://doi.org/10.26887/lg.v4i2.529

Hadi. Y. S. (2007). Kajian Tari: Teks dan Konteks. Pustaka Book Publisher

Hadi. Y. S. (2007). Sosiologi Tari. Pustaka

Hadi. Y. S. (2014). Koreografi-Teknik-Bentuk-Isi. Cipta Media

Hadi. Y. S. (2006). Seni Dalam Ritual Agama. Buku Pustaka Indonesia

Hidajat, R.(2013). Kreativitas Koreofrafi 1. Surya Pena Gemilang

Junaedi, D. (2017). Estetika Jalinan Objek, Subjek, Nilai. Bekalan Tirtonimolo

Kusnadi. (2009). Penunjang Pembelajaran Seni Tari. Tiga Serangkai

Irianto, I. S., Saaduddin, S., Susandro, S., & Putra, N. M. (2020). Recombination of Minangkabau Traditional Arts in Alam Takambang Jadi Batu by Komunitas Seni Nan Tumpah. Ekspresi Seni, 22(1), 85–99.

Pramayoza, D. (2013). Dramaturgi Sandiwara: Potret Teater Populer dalam Masyarakat Poskolonial. Penerbit Ombak.

Pramayoza, D. (2020). Diorama Kota Bahagia: Pandangpanjang dalam Esai. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang.

Pramayoza, D. (2021). Dramaturgi Bakaua dalam Masyarakat Minangkabau: Studi atas Ritual Tolak Bala Dengan Perspektif Victor Turner. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.26887/bcdk.v5i1.2493

Rendra. (1984). Mempertimbangkan Tradisi. Gramedia

Saaduddin, & Novalinda, S. (2017). Pertunjukan Teater Eksperimental Huhh Hahh Hihh: Sebuah Kolaborasi Teater Tari. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 19(1), 39–57. https://doi.org/10.26887/ekse.v19i1.128

Saaduddin, Novalinda, S., & Alfareta, T. (2021). Travesty: The Expression of the Agrarian Society as Cultural Negotiation at the Amal Play at Pulau Belimbing II Sub-Village, Kuok Village, Kuok District, Kampar Regency, Riau Province. Proceedings of the 4th International Conference on Arts and Arts Education (ICAAE 2020), 552(Icaae 2020), 183–187. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210602.036

Soedarsono, R.M. (2003). Seni Pertunjukan dari Perspektif Politik, Sosial danmEkonomi. Gadjah Mada University Press

Suaida, Novalinda, S., & Erman, S. (2018). Konsep Ritual Dalam Penciptaan Karya Tari Gilo Lukah. Jurnal Laga-Laga, 4(2), 129–139.

Yuliza, F. (2022). Makna Tari Kontemporer Barangan Karya Otniel Tasman: Suatu Tinjauan Semiotika Tari. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 5(1), 83–97. https://doi.org/10.26887/bcdk.v5i2.2485




DOI: https://doi.org/10.24114/gsts.v2i1.35225

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 332 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 GESTUS JOURNAL : PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @gestusjournal

Gestus Journal : Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni