Pemeranan Tokoh Adang Dalam Naskah Titik-Titik Hitam Karya Nasjah Djamin

Danang Kurnianto, Mahdi Bahar, Muhammad Komadri

Abstract


Naskah Titik-titik Hitam karya Nasjah Djamin merupakan Naskah bergaya realisme. Tema besar yang diangkat merupakan tema keseharian. Pemeran menggunakan metode Boleslavsky untuk memerankan tokoh Adang dalam Naskah Titik-titik Hitam karya Nasjah Djamin. Metode Boleslavsky digunakan guna tercapinya pemeranan yang diinginkan. Tokoh Adang yang berada di dalam naskah bergaya realisme ini diwujudkan dengan konsep pemeranan yang natural. Hasil dari penerapan metode akting Boleslavsky adalah terwujudnya tokoh Adang yang tegas dan rapuh dengan konsep akting yang natural. Adapun kesimpulan dalam proses pemeranan ini adalah bahwa metode akting Boleslavsky mampu mendukung pemeran dalam mewujudkan tokoh Adang dalam Naskah Titik-titik Hitam karya Nasjah Djamin. Pemeran tentunnya mengalami kendala pada proses pencarian tokoh Adang, dikarenakan adanya perbedaan karakter dari pemeran terhadap tokoh Adang. Dalam menanggapi kendala pada proses pencarian tokoh, pemeran melatih tiga elemen penting seorang aktor yaitu: Olah vokal, olah tubuh dan olah rasa. Pemeranan tokoh Adang ditujukan untuk menerapkan metode akting Boleslasvky, dengan konsep akting yang natural.

Kata Kunci: Titik-titik Hitam, Realisme, Boleslvsky, Pemeranan


Full Text:

PDF

References


Boleslavsky, Richard Acting The Six Lesson, Enam Pelajaran Pertama Bagi Calon Ator, Jakarta: Usaha Penerbit Djaja Sakti, 1960 terjemahan Asrul Sani.

Harymawan, RMA. Dramaturgi, Bandung: Remaja Rosdakarya Offsed, 1998.

Irianto, Ikhsan Satria, Hendri Jihadul Barkah, and Yuniarni Yuniarni. "PEMERANAN TOKOH TUAN DURAN DALAM NASKAH KEMATIAN YANG DIRENCANAKAN KARYA AUGUST STRINBERG TERJEMAHAN JOKO KURNAIN." Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan 8.2 (2022): 123-138.

Iswantara, Nur. Drama Teori dan Praktik Seni Peran, Yogyakarta: Media Kreatifa, 2016.

Yudiaryani. Panggung Teater Dunia, Yogyakarta: Pustaka Godho Suli, 2000.




DOI: https://doi.org/10.24114/gsts.v2i2.40056

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Danang Kurnianto



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @gestusjournal

Gestus Journal : Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni