Penciptaan Desain Tote Bag Menggunakan AI Draw dan Teknik Digital Printing sebagai Cenderamata Kota Medan

Agustian Siregar, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Pengerajin tote bag di kota Medan pada saat ini tidak banyak yang menggunakan konsep desain ikon kota Medan. Hal ini menjadikan sepinya distribusi produk tote bag di outlet penjualan oleh-oleh kota Medan. Karya tulis ini bertujuan untuk menganalsis bagaimanakah penciptaan desain tote bag menggunakan aplikasi AI Draw atau Adobe Illustrator Draw dan teknik digital printing, serta mengetahui kualitas produk hasil penciptaan desain tote bag sebagai cenderamata kota Medan. Penciptaan dan penyajian seni ini menggunakan metode yang dijelaskan oleh Gustami yang di dalamnya terdapat tiga tahap penciptaan karya seni yaitu Eksplorasi, Perancangan, dan Perwujudan. Adapun langkah yang diambil dalam proses penciptaan 10 karya desain tote bag sebagai cenderamata kota Medan adalah perancangan konsep desain, pembuatan sketsa (tracing), penerapan warna pada desain (coloring), pemberian detail warna pada desain, finishing desain, dan finishing karya. Kualitas hasil penciptaan desain tote bag sebagai cenderamata kota Medan dinilai oleh 3 orang penilai yang merupakan ahli bidang akademik seni rupa. Kualitas hasil yang diperoleh pada 10 karya desain tote bag dengan memerhatikan penerapan unsur desain dan prinsip seni rupa, aspek penciptaan desain berupa konsep yang merupakan ikon-ikon yang ada di kota Medan, bentuk objek yang realis dan deformatif, hingga harmonisasi warna dan komposisi warna yang sesuai dengan objek. Dari ketiga penilai secara keseluruhan berada dalam kategori B (Baik) dengan jumlah skor = 271, dan skor rata-rata = 4,5.

Kata KunciTote bag, Cenderamata, digital printing


Full Text:

PDF

References


Arsana, Banu. 2013 SENI LUKIS REALIS Kelas XI, Semester 1. Jakarta: Kemendikbud

Bahari, Nooryan. 2017. Kritik Seni Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual (Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas). Yogyakarta: Jalasutra.

Damaji Ratmono, S. E., & IP, S. 2019. Konsep dan Perencanaan Pojok Baca Ombudsman Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Pengetahuan Masyarakat di Indonesia Terhadap Ombudsman RI. Madika: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 30-41.

Kartono, G., & Zulkifli, M. S. 2018. PENCIPTAAN DESAIN KAOS OBLONG (T-SHIRT) DAN TAS SOUVENIR BERBASIS SENI-BUDAYA BATAK.

KBBI. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka. Peter dan Yenny. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Perss.

Meilani, M. (2013). Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Humaniora, 4(1), 326-338.

Pipes, Alan. 2003. Foundations of Art and Design. London: Laurence King Publishing.

Prasetya, R. D. 2007. Pengaruh komposisi warna pada ruang kerja terhadap stres kerja. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan dan Perancangan Desain Interior, 1(1).

Prasetyo, D., Setyadi, D. I., & Ramadhani, N. 2018. PEMODELAN KARAKTER ANIMASI HEWAN BERGAYA DEFORMATIF MENGGUNAKAN MOTION CAPTURE. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 6(1), 2-1.

R Siti, R. 2018. Buku Bangunan Heritage Kantor Pos Medan. Sachari, dan Sunarya. 2001. Pengantar Tinjauan Desain. Bandung: Penerbit ITB.

Ratmono, D. 2017. Tinjauan Pemanfaatan Digital Printing dalam Pelestarian Majalah Terjilid Koleksi Perpustakaan Nasional RI. Media Pustakawan, 24(3), 67-76.

Rukayah, R., Siti, & Juwono, Sudarmawan. Arsitektur dan Desain Kota Hibrida pada Kantor Pos dan Alun-Alun Di Medan. Jurnal Tata Loka Planologi UNDIP, 20(3), 317-330.

Saryana, I. M., Raharjo, A., & Octaviano, A. L. 2018. Desain Ilustrasi Foto Pada Baju Kaos Dengan Media Fotografi Digital Pendukung Pariwisata Budaya Di Pura Tanah Lot Dan Taman Ayun. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 33(1), 154-160.

Sedjati, D. P., & Sari, V. T. 2019. Mix Teknik Ecoprint Dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. Corak: Jurnal Seni Kriya, 8(1), 1-11.

Sitepu, V. 2004. Panduan mengenal desain grafis. PT. Elex Media. Sofjan, A. 2018. Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: Rajawali Pers.

Sumarsono. 2014. Modul Seni Patung Dasar. Medan: Unimed Press. Susanto, Mike. 2012. Diksi Rupa Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa. Yogyakarta: DictiArt Lab & Djagad Art House Yogyakarta dan Bali.

Triyanto, R. 2015. Seni Lukis Medan Potensi dan Perkembangannya. Medan: Unimed Press.

Ujiie, H. 2006. Digital Printing of Textiles. New York: CRC Press. Wong, Wucius. 1986. Beberapa Asas Merancang Dwimatra. Bandung: Penerbit ITB.

Zulkifli, Z., Ibrahim, A., Pasaribu, M., & Amal, B. K. 2021. The Revitalization of Iconic Shapes through the Creation of Relief Dimensional Paintings as Tourism Software Products (Case Study in Medan City, Indonesia). Randwick International of Social Science Journal, 2(4), 450-460.




DOI: https://doi.org/10.24114/gsts.v2i2.40336

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 GESTUS JOURNAL : PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @gestusjournal

Gestus Journal : Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni