Studi Analisis Musik Kelompok Ratib Rabana Ode Desa Pungkit Moyo Utara Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat

Aeddy Satria Pratama, Rivaldi Ihsan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis musik kelompok Ratib Rabana Ode Desa Pungkit Moyo Utara Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan  tipe penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data obserrvasi, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka berkaitan dengan permasalahan yang ingin di teliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bentuk analisis musik Ratib menganalisis beberapa metode isi dan jenis pukulan yang ada pada kesenian musik Ratib Rabana Ode, ada juga faktor yang mempengaruhi tidak ada regenerasi kesenian Ratib di Desa Pungkit, serta upaya pelestarian kesenian Ratib Rabana Ode.


Full Text:

PDF

References


Meilanih. (2016). Perkembangan Seni Rebana Biang Pada Masyarakat Kecamatan Jagakarsa Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Putra, Rizki Mona Dwi. (2022). Leng Si Gere Pas: Reinterpretasi Kekepak ke Dalam Komposisi Musik Karawitan. Gestus Journal. 2(1), 21-29.

Sepdwiko, Deria. (2021). Penyajian Musik Antar-antaran Pada Acara Pernikahan Di Desa Penanggoan Duren Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Besaung. 6(2), 99-105.

Sofianto, kunto. Dkk. (2021). “Regenerasi Kearifan Lokal Kesenian Lebon sebagai budaya Leluhur Pangandaran Jawa Barat”. Jurnal Sosiohumaniora. 23(2), 158-166.

Syah Sinaga, Syahrul. (2006). Fungsi Dan Ciri Khas Kesenian Rebana Di Pantura Jawa Tengah. Jurnal Harmonia. 7(3), 1-8.

Wahyu Sarosa, Punjul. (2012). Analisis struktur pola ritme musik tradisional Goa Tabuhan di daerah Punung Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Skripsi. Universitar Negeri Yogyakarta.

Yudarta, I Gede. (2021). Eksistensi Kesenian Rebana Gending Desa Langko Dalam Masa Pndemi Covid-19 Di Lombok. Jurnal Mudra. 36(2), 170-178.




DOI: https://doi.org/10.24114/gsts.v3i1.45690

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aeddy Satria Pratama, Rivaldi Ihsan, Rivaldi Ihsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @gestusjournal

Gestus Journal : Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni