Ngeri-Ngeri Sedap Sebagai Representasi Budaya Patriarki

Anika Lestari, Nurul Abida Lubis, Syahrial Fahmi Dalimunthe

Abstract


Budaya patriarki masih berkembang di lingkungan masyarakat Indonesia hingga saat ini. Patriarki dinilai sebagai sebuah sistem sosial yang menempatkan pria sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam peran penting seperti kepemimpinan politik, otoritas moral, hak sosial, dan penguasaan properti. Budaya patriarki dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai aspek dan ruang lingkup, seperti ekonomi, pendidikan, politik, hingga hukum sekalipun. Budaya patriarki memberikan beberapa masalah sosial mengenai ketidakpastian kedudukan ataupun kebebasan perempuan di lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif disertai dengan teori semiotika oleh Roland Barthes untuk menganalisaobjek penelitian yang diambil dengan menonton film “Ngeri-Ngeri Sedap” dan mengamati setiap adegan maupun scene yang di tayangkan. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana bentuk budaya patriarki yang di lakukan dalam sebuah keluarga.


Full Text:

PDF

References


Adipoetra, F. G. (2016). Representasi patriarki dalam film “Batas”. Jurnal E-Komunikasi, 4(1).

Danesi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra

Febiola, N., Aritorang, A. I., & Budiana, D. (2022). REPRESENTASI PATRIARKI DALAM FILM “YUNI”. Scriptura, 12(2), 100-112.

Hall, S. (2020). The work of representation. In The applied theatre reader (pp. 74-76). Routledge.

Ismail, R. F., Sihabudin, A., & Restu, U. (2018). Representasi Fanatisme Suporter Sepakbola The Jakmania dalam Film Dokumenter “The Jak”(Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Dokumenter The Jak Karya Andibachtiar Yusuf)(Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Litteljhon, Foss. (2011). Teori Komunikasi. terjemahan Mohammad Yusuf Harndan. Edisi 9, Jakarta: Salemba Humanika.

Manurung, AE. (2016). Film Indonesia dari Masa Ke Massa. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Setiawan, V. A. (2013). Representasi Pluralisme dalam film Tanda Tanya. Jurnal E-Komunikasi, 1(1).

Sumarno, M. (2017). Apresiasi film. Pusat Pengembangan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Surahman, S. (2014). Representasi Perempuan Metropolitan dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1).

Yayasan Bakti. (2020). Perempuan Masyarakat Patriarki dan Kesehatan Gender. Makasar : Yayasan Bakti.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.24114/gsts.v3i2.45817

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anika Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @gestusjournal

Gestus Journal : Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni