UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP N. 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2015/2016

FAJAR SUKMA HARSA, NURLIANI MANURUNG

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kisaran dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual (CTL) pada materi bilangan bulat.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 3 Kisaran tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 35 orang. Pengambilan data dilakukan dengan tes diagnostik, tes kemampuan pemahaman konsep pada akhir siklus, lembar observasi untuk tiap kali pertemuan dan lembar aktivitas siswa (LAS). Kemampuan pemahaman konsep mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa dari tes diagnostik, siklus I, dan siklus II, yakni dari 59,48 (59,48%) dengan tingkat kemampuan sangat rendah di tes awal menjadi 70,76 (70,76 %) dengan tingkat kemampuan sedang di siklus I dan menjadi 81,09(81,09%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II..Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kontestual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 3 Kisaran.

 

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Kontekstual, PTK


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.