MENINGKATKAN KETERAMPILAN LISTENING MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS MELALUI INTERACTIVE MULTIMEDIA

SISILIA FITRIANI DAMANIK

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi berbicara dan mendengar mahasiswa program studi mahasiswa Sastra Inggris dengan penerapan interactive multimedia dalam mata kuliah Advanced Listening Comprehension, serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan interactive multimedia dalam mata kuliah Advanced Listening Comprehension. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Sastra Inggris tahun 2016 kelas A, yang berjumlah 40 orang. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara quantitatif dan qualitatif yang terdiri dari kondisi awal mahasiswa, kemampuan kognitif mahasiswa, hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik), dan hasil analisis kuesioner mahasiswa. Sebagai hasilnya, didapatkan bahwa peningkatan angka hasil belajar dari  jumlah mahasiswa yang berhasil mencapai target yaitu: 94,73% dengan A dan B dan 86 % mahasiswa menunjukkan adanya minat, ketertarikan dan tanggapan  terhadap penerapan interaktif multimedia. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa belajar Advanced Listening Comprehension dengan penerapan interaktif multimedia dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan juga direkomendasikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut serta diharapkan agar penerapan interaktif multimedia dapat digunakan sebagai alternatif belajar bagi dosen yang mengajar pada mata kuliah keterampilan  dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

 

Kata Kunci: Interaktif Multimedia, Advanced Listening Comprehension


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 987 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.