UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BINJAI T.A 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS), mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis dan mengetahui respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 3 Binjai yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi program linear. Pada penelitian ini terjadi peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 20,64 dengan Gain Skor sebesar 0,50 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 23 siswa (60,52%) dari 38 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,12%. Pada siklus II, respon siswa yang mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan yaitu 88,16% yang awalnya pada siklus I diperoleh presentase respon siswa dalam pembelajaran adalah 80,36%, maka dapat dikatakan bahwa respon siswa dalam pembelajaran dengan model Think-Pair-Share adalah baik.
Kata Kunci: Komunikasi Matematis, TPS
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 709 timesPDF - 265 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.