UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BINJAI T.A 2017/2018

Authors

  • FUZNA ARADIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • PARDOMUAN NJM SINAMBELA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS), mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis dan mengetahui respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 3 Binjai yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi program linear. Pada penelitian ini terjadi peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 20,64 dengan Gain Skor sebesar 0,50 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 23 siswa (60,52%) dari 38 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  65). Melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,12%. Pada siklus II, respon siswa yang mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan yaitu 88,16% yang awalnya pada siklus I diperoleh presentase respon siswa dalam pembelajaran adalah 80,36%, maka dapat dikatakan bahwa respon siswa dalam pembelajaran dengan model Think-Pair-Share adalah baik. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, TPS

Author Biographies

FUZNA ARADIPA, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

JURUSAN MATEMATIKAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

PARDOMUAN NJM SINAMBELA, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

JURUSAN MATEMATIKAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Downloads

Published

2018-11-12

Issue

Section

Articles