PARADIGMA LAMA KONTRA PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

BORNOK SINAGA

Abstract


Pembelajaran yang terjadi di sekolah sampai saat ini masih cenderung didominasi paradigma lama dengan ciri-ciri: (a) pembelajaran bottom up, (b) guru aktif memindahkan berbagai konsep dan prinsip ilmu pengetahuan ke pikiran siswa, (c) siswa menerima pengetahuan secara pasif dan berusaha menghafalkannya, (d) lebih menekankan peranan guru dalam proses pembelajaran, (e) pembelajaran bersifat mekanistik, (f) siswa kurang diberi kesempatan menyampaikan ide-ide secara bebas dan terbuka, (g) lebih menekankan motivasi belajar secara eksternal. Ciri-ciri paradigma lama pembelajaran sangat berbeda dengan ciri-ciri paradigma baru pembelajaran, yakni: (a) pembelajaran top down, (b) siswa yang aktif menemukan berbagai konsep dan prinsip dengan bimbingan guru, (c) siswa dimampukan membangun pengetahuan berbasis pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya, (d) lebih menekankan peranan siswa dalam proses pembelajaran, (e) pembelajaran lebih bervariasi dan siswa diberi kesempatan berkolaborasi dan mempresentasikan hasil kerja, (f) lebih menekankan motivasi belajar secara internal. Sampai saat ini, dampak pembelajaran berparadigma lama belum menunjukkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan harapan. Sebaiknya kita mencoba paradigma baru pembelajaran. Mungkin hasilnya lebih baik.

 

Kata Kunci: Paradigma Lama Pembelajaran, Paradigma Baru Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8083 times
PDF - 27826 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.