METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL
Abstract
Metakognisi merupakan kesadaran tentang kognisi, dan pengaturan kognisi seseorang. Dalam pembelajaran matematika, metakognisi memegang peranan penting terutama dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Dengan demikian, kemampuan metakognisi penting untuk dimiliki oleh setiap siswa.
Kesesuaian belajar matematika dengan keadaan yang dialami siswa sehari-hari menjadi topik yang pada waktu terakhir ini banyak ditinjau dalam pengembangan dan perbaikan kualitas pendidikan. Penggunaan konteks sebagai dasar dalam pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa sesungguhnya berbagai obyek atau situasi yang sudah dikenal siswa dalam lingkungan kehidupannya sehari-hari dapat dimanfaatkan dan memberi andil yang besar dalam membangun pengertian terhadap fakta, konsep dan prinsip matematika. Penggunaan konteks dalam belajar, termasuk dalam memecahkan masalah matematika, memungkinkan siswa untuk melakukan kegiatan berpikirnya berdasarkan gambaran konkrit dari masalah, yang sudah dipahami sebelumnya. Keadaan ini cukup membantu siswa dalam membangun representasi mental dari masalah yang merupakan tahapan awal dalam memecahkan masalah, dan merupakan komponen strategi metakognisi.
Kata Kunci: Metakognisi, Pemecahan masalah, Kontekstual
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 251 timesPDF - 1023 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.