STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Pembelajaran di Sekolah haruslah bermakna agar memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya. Untuk itu, strategi Pembelajaran haruslah dirancang dengan tepat, berkreasi dan berinovasi sesuai dengan materi ajar serta dapat menumbuhkan kemandirian peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri maupun bekerjasama secara berkelompok. Strategi Pembelajaran Kooperatif merupakan sistem pengajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dengan sesama peserta didik dalam tugas-tugas yang terstruktur sehingga dapat meningkatkan kemajuan belajar dan membantu keberhasilan seluruh anggota kelompok. Pembelajaran kooperatif melibatkan pengajaran yang konstruktif yang bersifat kompleks, lingkungan belajar yang alami dan interaksi sosial. Strategi pembelajaran kooperatif memiliki keunggulan dalam menumbuhkan kerjasama dan partisipasi peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga akan meningkatkan kemandirian belajarnya.
Key word: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif, Kemandirian belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 482 timesPDF - 10867 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.