STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

NURMI NURMI

Abstract


Pembelajaran di Sekolah haruslah bermakna agar memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya. Untuk itu, strategi Pembelajaran haruslah dirancang dengan tepat, berkreasi dan berinovasi sesuai dengan materi ajar serta dapat menumbuhkan kemandirian peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri maupun bekerjasama secara berkelompok. Strategi Pembelajaran Kooperatif merupakan sistem pengajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dengan sesama peserta didik dalam tugas-tugas yang terstruktur sehingga dapat meningkatkan kemajuan belajar dan membantu keberhasilan seluruh anggota kelompok. Pembelajaran kooperatif melibatkan pengajaran yang konstruktif yang bersifat kompleks, lingkungan belajar yang alami dan interaksi sosial. Strategi pembelajaran kooperatif memiliki keunggulan dalam menumbuhkan kerjasama dan partisipasi peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga akan meningkatkan kemandirian belajarnya.

 

Key word:       Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif, Kemandirian belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 390 times
PDF - 8031 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.