UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK BESARAN DAN PENGUKURAN DI MTs SWASTA PAB I HELVETIA MEDAN
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelasĀ dengan alat penyajian lembar observasi aktivitas siswa dan penyajian soal tes dalam bentuk pilihan berganda yang uji persyaratan instrumen tes hasil belajarnya telah terpenuhi. Pada penelitian ini dilakukan dua siklus, keduanya menggunakan pendekatan kontekstual, namun metode yang digunakan bervariasi. Adapun pada siklus I digunakan kombinasi metode mengajar (demontrasi, eksperimen, diskusi, tanya jawab, ceramah, dan pemberian tugas), sedangkan pada siklus II menggunakan metode eksperimen, tanya jawab, dan pemberian tugas. Terlebih dahulu diadakan tes awal. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh tentang materi pokok besaran dan pengukuran pada tes awal sebesar 31. Pada siklus I tingkat pencapaian hasil belajar siswa meningkat menjadi 51,8. Pada siklus II, hasil belajar siswa menjadi 82,2. hasil menunjukkan peningkatan yang terjadi signifikan dan seluruh siswa telah mencapai ketuntasan
Kata kunci: Penelitian tindakan kelas, Pendekatan kontekstual
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 323 timesPDF - 242 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.