RESTRUKTURISASI JURUSAN DAN PROGRAM STUDI BERBASIS TAXONOMI ANDERSON UNTUK PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS MENCAPAI KOMPETENSI STANDAR LULUSAN

BINER AMBARITA

Abstract


Tingginya tuntutan terhadap kualitas dan relevansi lulusan Pendidikan Tinggi, menuntut perumusan kompetensi lulusan dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Khusus dalam kompetensi ranah kognitif berpedoman pada Taxonomi Anderson. Taxonomi Anderson menegaskan bahwa ranah kognisi harus mencapai tingkat kreativitas dan daya cipta sesuai dengan tuntutan Standar Kompetensi Lulusan secara nasional. Analisis struktur organisasi Jurusan dan program studi berdasarkan Taxonomi Anderson merumuskan adanya restrukturisasi dalam mana Jurusan harus memiliki unit-unit  penjaminan mutu Konowledge, afektif , psikomotorik, dan hubungan eksternal.

Kata kunci: Kompetensi lulusan, Taxonomi anderson


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.