PENGELOLAAN SARANA DAN ALAT PERMAINAN SEBAGAI SUATU PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK

LAMHOT BASANI SIHOMBING

Abstract


Pemahaman mengenai konsep bermain sudah barang tentu akan berdampak positif pada cara guru dalam membantu proses belajar anak. Pengamatan ketika anak bermain secara aktif maupun pasif, akan banyak membantu memahami jalan pikiran anak dan akan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.Pemanfaatan sumber belajar sudah barang tentu akan menambah wawasan pengetahuan siswa. Melalui sumber belajar, pemahaman siswa mengenai suatu materi pelajaran akan bertambah. Hal tersebut sekaligus akan mencegah verbalistis bagi siswa. Dengan pemanfaatan sumber belajar maka siswa tidak hanya mengetahui materi pelajaran dalam bentuk kata-kata saja, namun secara komprehensif akan mengetahui substansi dari materi yang dipelajari. Oleh karenanya, melalui penegelolaan sarana sebagai sumber belajar terdapat tahapan tertentu, antara lain: (1) Perencanaan; (2)Pengadaan; (3) Penyimpanan dan Pemeliharaan; (4)Penggunaan atau Pemanfaatan; (5) Pengaturan Sumber Belajar; (6)Metode Pembelajaran dan pengelolaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak; (7) Evaluasi Sumber Belajar

 

 

Kata Kunci : Pengelolaan Sumber Belajar

 

 

 

 

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 3239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.