PENERAPAN MODEL ACCELERATED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kendala dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada bahasan kesebangunan dan kekongruenan dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari bahasan kesebangunan dan kekongruenan dengan menerapkan model pembelajaran Accelerated Learning menggunakan pendekatan SAVI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif berguna untuk menemukan data yang bersumber dari hasil observasi dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai Tes diagnostic siswa adalah 54,71% dan Tes Hasil Belajar Siklus II adalah 86,125%, selisih nilainya adalah 31,415% Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan apabila dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan persentase dari indikator Tekun sebesar 6,69%, Ulet 9,04%, Minat 3,625%, Prestasi 9,95% dan Percaya Diri sebesar 7,34%. Skor motivasi rata - rata hasil angket sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 62,852 (Kategori Rendah) meningkat menjadi 81,9445 (kategori tinggi) setelah dilakukan pelaksanaan tindakan. Hasil Observasi Motivasi belajar siswa secara klasikal juga meningkat dari 60% menjadi 76%.
Kata Kunci : Model Accelerated Learning, Hasil Belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 178 timesPDF - 551 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.