PENANAMAN DAN IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada mahasiswa agar mampu mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupannya sebagai makhluk individu, makhluk sosial, dan makhluk ber-Ketuhanan. Pendidikan karakter berfungsi (1) mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik; (2) memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur; (3) meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia. Pembangunan karakter dilakukan dengan pendekatan sistematik dan integratif dengan melibatkan keluarga, satuan pendidikan, pemerintah, masyarakat sipil, anggota legislatif, media massa, dunia usaha, dan dunia industri. Sehubungan dengan itu, Universitas Negeri Medan bercita-cita menjadi “the Character Building University” dengan menetapkan enam pilar karakter, yaitu: kewarganegaraan (citizenship), keadilan (faerness), kehormatan (respectful), tanggungjawab (responsible), kepedulian (caring), dan dapat dipercaya (trustworthy). Jadi, tanggung jawab adalah salah satu pilar karakter yang dapat dibangun melalui pendidikan dan implementasinya dalam setiap aspek kehidupan manusia dengan indikator (1) perbuatan yang diharapkan (seharusnya) dilakukan; (2) rencana ke depan; (3) selalu mencoba; (4) selalu melakukan yang terbaik; (5) mengedalikan diri: (6) mendisiplinkan diri; (7) berpikir sebelum bertindak-mempertimbangkan konsekuensi; (8) menetapkan contoh yang baik bagi orang lain; dan (9) bertanggung jawab atas kata-kata, sikap, sikap, dan tindakan.
Kata kunci : karakter, tanggungjawab
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1639 timesPDF - 14420 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.