PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL MENGAJAR GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

CHARLES FRANSISCUS AMBARITA

Abstract


Abstrak

Guru adalah pendidik profesional yang memiliki peran yang sangat strategis dalam menyiapkan generasi unggulan pada masa mendatang. Dalam kegiatannya, guru menyelenggarakan program pendidikan mulai dari mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran di sekolah. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru yang kreatif dan inovatif yang selalu mempunyai keinginan terus-menerus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajarannya. Salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran di kelas adalah dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya, sehingga hasil belajar peserta didik menjadi meningkat. Melalui refleksi diri dalam penelitian tindakan kelas, guru berpikir dan berdialog dengan diri sendiri tentang kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar, sehingga dapat memahami apa saja yang sudah baik dan yang belum baik, serta faktor-faktor penyebabnya. Dengan demikian, guru dapat memperbaiki kelemahannya dan meningkatkan kualitas pembelajarannya pada pembelajaran berikutnya secara berkelanjutan, sehingga mutu pembelajarannya baik.

 

Kata Kunci : Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Kualitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.