PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

TIUR MALASARI SIREGAR

Abstract


Secara teoritik ATI merupakan sebuah konsep atau model yang berisikan sejumlah strategi pembelajaran (treatment) yang efektif digunakan menangani mahasiswa tertentu yang sesuai dengan karakteristik kemampuannya. Hal ini didasari bahwa optimalisasi prestasi akademik/hasil belajar dapat dicapai melalui penyesuaian antara pembelajaran (treatment) dengan perbedaan kemampuan (aptitude) mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran ATI pada matakuliah Geometri Euclid non Euclid, mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ATI pada hasil belajar siswa pada matakuliah Geometri Euclid non Euclid .

Hasil penelitian sebelum pemberian tindakan diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebesar 32 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 15%. Setelah pemberian tindakan pengajaran dengan model pembelajaran ATI diperoleh rata-rata tes hasil belajar I mencapai 59,5 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 42,5%. Karena hasil yang diperoleh untuk pembelajaran secara klasikal belum memenuhi nilai ketuntasan, maka dilanjutkan pada siklus II dengan upaya- upaya yang telah disebutkan di atas. Nilai rata-rata pada tes hasil belajar II mencapai 74,25 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%. Ini berarti menujukkan bahwa model pembelajaran ATI dapat mengatasi kesulitan belajar siswa sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran ATI, Hasil Belajar

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 426 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.