PENINGKATAN KOMITMEN AFEKTIF DOSEN SEBAGAI PEMIMPIN KELAS MELALUI PERILAKU KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF PADA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

YASARATODO WAU, NASRUN NASRUN

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan dari hipotesis yang diajukan, yakni meliputi

(a) Perilaku Kepemimpinan Partisipatif, (b) Komitmen Afektif, dan (c) hubungan Perilaku Kepemimpinan Partisipatif terhadap Komitmen Afektif Dosen di FIP Unimed.  Populasi  seluruh Dosen FIP Unimed yang terdiri dari 73 orang, dengan jumlah sampel 45 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian adalah angket dengan skala Likert. Data penelitian diolah dan dianalisis dengan korelational. Analisis korelasional ini diawali dengan melakukan uji normalitas melalui rumus Lilifors, dan uji linearitas dan keberartian regresi.

Berdasarkan hasil perhitungan diperolehh koefisien korelasi antara variabel Kepemimpinan partisipatif dengan Komiten Afektif Dosen sebesar 0,332 yang signifikan pada tingkat  95 persen dengan melakukan uji t dengan hasil perhitungan thitung> ttabel  (2,32  >  0,168). Kontribusi variabel Kepemimpinan Partisipatif terhadap Komitmen Afektif Dosen mencapai  11, 02 persen

Implikasi hasil penelitian ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan komitmen afektif perlu dilakukan berbagai upaya peningkatan efektivitas kepemimpinan partisipatif. Beberapa upaya dapat dilakukan di antaranya melakukan evaluasi diri terhadap  kepemimpinan  yang  diterapkan selama ini. Oleh karena itu disarankan agar para Dosen terus membenahi  diri dengan mengoptimalkan pelibatan mahasiswa dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah pendidikan di kelas.

 

Kata Kunci: Perilaku, Kepemimpinan Partisipatif, Komitmen Afektif

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.