PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

ARDINO SITINJAK, JONGGA MANULLANG

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw terhadap hasil belajar Instalasi Tenaga Listrik siswa kelas  XI  Program  Keahlian  Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Semester Ganjil  T.P  2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan taraf signifikansi a = 0.05. Berdasarkan  hasil  perhitungan  didapat  th (4,03) > tt (1,66) artinya ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar Instalasi Tenaga Listrik siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Semester Ganjil T.P 2015/2016 untuk taraf signifikansi α = 0.05

 

Kata Kunci: Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, strategi pembelajaran konvensional dan hasil belajar Instalasi Tenaga Listrik


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.