PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP KEEFEKTIFAN SEKOLAH DI SMA NEGERI KOTA GUNUNGSITOLI

DAL IMAN NOTATEMA GEA, YASARATODO WAU, SAHAT SIAGIAN

Abstract


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kota Gunungsitoli. (2) pengaruh  Budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kota Gunungsitoli. (3) pengaruh persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap keefektifan sekolah di SMA Negeri Kota Gunungsitoli. (4) pengaruh Budaya organisasi terhadap keefektifan sekolah SMA Negeri Kota Gunungsitoli. (5) pengaruh Kepuasan kerja guru terhadap keefektifan sekolah di SMA Negeri Kota Gunungsitoli.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain expost facto dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh guru SMA Negeri yang berstatus Pegawai Negeri Sipil  di Kota Gunungsitoli yang berjumlah 156 orang. Untuk menentukan jumlah sampel  menggunakan rumus yamane sehingga didapat sampel sebanyak 112 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya organisasi dan kepuasan kerja guru terhadap keefektifan sekolah menggunakan angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien jalur ρ31=0,294 dan pengaruh proporsional sebesar 9%. (2) terdapat pengaruh langsung posistif dan signifikan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien jalur ρ32=0,330 dan pengaruh proporsional sebesar 11%. (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap keefektifan sekolahdengan koefisien jalur ρ41=0,168 dan pengaruh proporsional sebesar 3%. (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan budaya organisasi terhadap keefektifan sekolah dengan koefisien jalur ρ42=0,183 dan pengaruh proporsional sebesar 3%. (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepuasan kerja guru terhadap keefektifan sekolah dengan koefisien jalur ρ43=0,389 dan pengaruh proporsional sebesar 15%.

 

Kata kunci:    Keefektifan Sekolah, Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah,  Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Guru.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.