PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODE ESKPOSITORI PADA MATERI LINGKARAN

INGRRI ADRIYATI, ERLINAWATY SIMANJUNTAK

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan metode discovery  learning lebih baik daripada metode ekspositori pada materilingkaran. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan penelitian “Posttest Only Control Group Design” dengan melibatkan sampel sebanyak 64 siswa.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa yang diajarkan dengan metode discovery learning lebih baik daripada kemampuan penalaran siswa yang diajarkan dengan metode ekspositori pada materi lingkaran.

 

Kata kunci:  discovery learning, ekspositori, dan kemampuan penalaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.