PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIMED

ULI BASA SIDABUTAR

Abstract


Untuk mengetahui  pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Website dan Adversity Quotient  serta interaksinya terhadap hasil Belajar pemrograman komputer maka dilakukan penelitian dari mahasiswa  JPTE Universitas Negeri Medan.

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2011/2012 terhadap hasil belajar pemrograman komputer. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling, Teknik analisis yang digunakan adalah  analisis varian dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi a = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut  menggunakan uji Tuckey. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis simulasi komputer lebih tinggi dibandingkan dengan model tutorial (Fh (20,33) > Ft (3.94) dan Qh 6,50 > Qt 3,96, (2) hasil belajar pemrograman komputer dari mahasiswa yang memiliki adversity quotient climber lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki adversity quotient quitter (Fh( 12,15) > Ft(3,94)dan Qh 5,43 > Qt 3,94), (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis website dengan adversity quotient (Fh(42,96) > Ft(3,94).

 

Kata kunci: Model Pembelajaran berbasis Website, Adversity Quotient, Pemrograman Komputer   


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.