PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIMED
Abstract
Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Website dan Adversity Quotient serta interaksinya terhadap hasil Belajar pemrograman komputer maka dilakukan penelitian dari mahasiswa JPTE Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2011/2012 terhadap hasil belajar pemrograman komputer. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling, Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi a = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut menggunakan uji Tuckey. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis simulasi komputer lebih tinggi dibandingkan dengan model tutorial (Fh (20,33) > Ft (3.94) dan Qh 6,50 > Qt 3,96, (2) hasil belajar pemrograman komputer dari mahasiswa yang memiliki adversity quotient climber lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki adversity quotient quitter (Fh( 12,15) > Ft(3,94)dan Qh 5,43 > Qt 3,94), (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis website dengan adversity quotient (Fh(42,96) > Ft(3,94).
Kata kunci: Model Pembelajaran berbasis Website, Adversity Quotient, Pemrograman Komputer
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 78 timesPDF - 142 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.