PENGENALAN APLIKASI R PROGRAM MELALUI STRATEGI TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH METODE STATITIKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan hasil pemanfaatan aplikasi statistik dalam pembelajaran yang menggunakan strategi Treffinger guna meningkatkan kemampuan pemecahan massalah mahasiswa . Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Matematika Unimed. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan populasi sampel mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika angkatan 2015/2016 yang mengambil mata kuliah Metode Statitika 2, dengan pengambilan sampel acak yakni satu kelas Ekstensi Pendidikan Matematika angkatan 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Penelitian berlangsung sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Ada beberapa aplikasi statistik yang mendukung dalam pembelajaran yaitu SPSS dan R program, namun dalam penelitian ini lebih ditekankan kepada penggunaan aplikasi R program. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan awal pemecahan masalah mahasiswa sebelum diberi tindakan sebesar 65,5 dengan persentase ketuntasan 56,67% ( 17 mahasiswa ) yang memiliki nilai ≥ 70. Pada siklus I yakni setelah diberikan tindakan rata-rata kemampuan berpikir kreatif mahasiswa meningkat menjadi 71,55 dengan persentase ketuntasan 63,33% (19 mahasiswa) yang memiliki nilai nilai ≥ 70. Tindakan siklus I dinilai kurang berhasil karena mahasiswa masih baru mengenal aplikasi statitika R dan belum lancar dalam mendeskripsikan hasil serta waktu yang tidak memadai. Sebagai refeksi maka dibentuk kelompok kerja yang heterogen. Diakhir siklus II meningkat menjadi menjadi 78,5 dengan persentase ketuntasan 80% (24 mahasiswa) yang memiliki nilai ≥ 70. Hasil pengamatan efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran strategi Treffinger diperoleh bahwa pembelajaran yang dilakukan dosen pada siklus I memperoleh rata-rata skor yakni 2,83 dengan kategori baik dan terus meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata skor 3.31 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pengaruh pembelajaran strategi Treffinger dapat meningkatkan kemampuan pemecahan massalah mahasiswa didukung dengan aplikasi yang memadai. Kesulitan yang dihadapi dosen diantaranya waktu yang kurang dalam mengenal aplikasi statistik R program, sulitnya memotivasi. mahasiswa untuk dapat berargumen atau mendeskripsikan temuan baik yang diperoleh secara manual ataupun menggunakan aplikasi.
Kata kunci: Model Treffinger, Kemampuan pemecahan masalah, Program R
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 163 timesPDF - 186 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.