PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WINGEOM
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran siswa, padahal palajaran Matematika mendapat bagian yang cukup besar dibandingkan jam pelajaran lain. Oleh karena itu model pembelajaran sangat mempengaruhi kemampuan penalaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dari pada model pembelajaran problem based learning berbantuan wingeom. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 35 Medan semester genap yang terdiri dari 8 kelas paralel dan yang menjadi sampel adalah dua kelas yang dipilih secara acak diamana kelas VIII 7 sebagai kelas eksperimen 1 (menggunakan model pembelajaran discovery learning) dan kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen 2 (menggunakan model pembelajaran problem based learning) dengan masing-masing jumlah sampel 30 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrument yaitu pre-test dan post-test yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Rata-rata peningkatan nilai siswa di kelas eksperimen 1 adalah 17,933 dengan peningkatan nilai terendah 7 dan peningkatan nilai tertinggi 32. Sedangkan rata-rata peningkatan siswa di kelas eksperimen 2 adalah 12,833 dengan peningkatan nilai terendah 2 dan peningkatan nilai tertinggi 30. Dari hasil analisis data pre-test pada kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Dari uji hipotesis data selisih nilai pretes-posttes pada kedua sampel diperoleh t > t (2,493 > 1,671) artinya bahwa kemampuan penalaran siswa menggonakan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada model pembelajaran problem based learning berbantuan wingeom di kelas VIII SMP N 35 Medan T.A 2015/2016.
Kata Kunci: Discovery Learning, Problem Based Learning, Penalaran, Wingeom.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 162 timesPDF - 233 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.