STUDI KAJIAN MODEL PEMBINAAN PROFESIONAL GURU DENGAN PENDEKATAN PEER COACHING BERKAITAN KINERJA GURU PROVINSI SUMATERA UTARA

ERI WIDYASTUTI

Abstract


Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendiskripsikan; 1) Mengkaji model pembinaan profesional guru melalui pendekatan peer coaching untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD Kota Medan; 2) Model pembinaan guru profesional melalui pendekatan peer coaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa; 5) Memberikan kontribusi ilmiah melalui publikasi ilmiah Jurnal International melalui model pembinaan profesional guru pendekatan peer coaching. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur Research and Development (R&D). Subjek penelitian  adalah guru Sekolah Dasar, Guru SMP, Guru SMA dan SMK Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitaif dan deskriptif kualitatif melali teori first order understanding dan second order understanding, sedangkan alur analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil kajian pembinaan profesional guru melalui pendekatan peer coaching adalah sangat positif untuk meningkatkan profesional guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. kajian pembinaan terdiri dari 3 kajian yaitu 1) kajian rancangan pembinaan peer coaching menunjukan peningkatan kompetensi setelahan dilakukan pembinaan yaitu (p sig 0,012<α 0.05) lebih tinggi sebelum dilakukan pembinaan. 2) Kajian tahap pelaksanaan pembinaan sangat positif dan terjadi peningkatan kinerja guru. 3) pada tahap kajian tindak lannjut dengan mengukur 9 kompetensi guru terjadinya peningkatkan 6 kompetensi dari 9 kompetensi yang diujikan.

Kata Kunci : Model Pembinaan Profesional Guru, dan Peer Coaching

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF - 769 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.