HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERKARAKTER DENGAN MORAL REMAJA DI DESA SIDODADI RAMUNIA KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG

YAONGGI JAKKOBUS SIMAMORA, YASARATODO WAU

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah hubungan antara lingkungan sosial yang berkarakter dengan moral remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Lingkungan Sosial yang Berkarakter dengan Moral Remaja di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah remaja yang berdomisili di remaja di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang yang terdiri dari 124 orang, dengan penarikan sampel secara total sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah kuesioner. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis uji kecenderungan dan korelasional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Lingkungan Sosial yang Berkarakter (X) mencapai 38,6 yang tergolong dalam kategori baik sedangkan nilai rata-rata Moral Remaja (Y) sebesar 49,5 yang tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis korelaional kedua variabel menunjukkkan adanya hubungan yang berarti antara lingkungan sosial yang berkarakter dengan moral remaja dengan koefisien kerelasi sebesar 0,74 ( = 0,74; = 0,339). Yang signifikan ada (  > 1,697). Besar kontribusi yang dapat diberikan oleh lingkungan sosial ang berkarakter terhadap moral remaja mencapai 54,76 persen. Berdasarkan temuan ini diharapkan pemeliharaan lingkungan sosila yang berkarakter menjadi perhatian semua pihak dalam upaya menumbuhkembangakan moral remaja.

 

Kata Kunci: Lingkungan, Berkarakter, Moral, Remaja   


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 958 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.