KERAJINAN SULAMAN KRUISTIK DI NAGARI EMBUNPAGI KECAMATAN MATUR KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT

Diah Cahyani, Weni Nelmira

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kerajinan sulaman kruistik di nagari Embunpagi Kabupaten Agam. Kerajinan sulaman kruistik merupakan salah satu kerajinan di Nagari Embunpagi yang mempunyai nilai keindahan tersendiri yang banyak diminati. Sulaman kruistik adalah sulaman yang memakai jahitan benang yang bersilangan membentuk huruf x diatas kain tenunan sejajar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kerajinan sulaman kruistik dilihat dari segi desain dan motif di Nagari Embunpagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis data yaitu berupa data primer yaitu data yang diperoleh dari pimpinan dan karyawan usaha dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan bersifat induktif berdasarkan fakta- fakta yang ditemukan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bentuk desain motif berupa naturalis dengan bentuk bunga dan daun, dan bentuk geometris berupa garis- garis yang disusun..

Kata Kunci: sulaman, kruistik embunpagi.

Abstract

The problem in this study was to find out about the crusical embroidery craft in the Embunpagi village of Agam Regency. Crystalline embroidery is one of the handicrafts in Nagari Embunpagi that has its own beauty value that is in great demand. Crewistic embroidery is embroidery that uses cross stitches forming letters x on parallel woven fabrics. The aim of this study is to describe the shape of the crew embroidery craft in terms of design and motif in Nagari Embunagi. The method used in this research is qualitative method. The type of data is in the form of primary data, namely data obtained from business leaders and employees and secondary data obtained from documentation. Data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. Data analysis techniques performed are inductive based on facts found and conclusions drawn. The results of the research obtained are the form of motif design in the form of naturalists with flower and leaf shapes, and geometric shapes in the form of lines arranged.  

Keywords: needlepoint, embunpagi.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.13616

Article Metrics

Abstract view : 305 times
PDF - 653 times

Copyright (c) 2019 Diah Cahyani, Weni Nelmira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License