PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTROMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V-A SD NEGERI 105275 PAYA GELI

Ida Mauli Hutagalung

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Brainstorming pada siklus I, aktivitas menulis,membaca sebesar 34%,  mengerjakan LKS sebesar 27% , bertanya pada teman sebesar 17%, bertanya pada guru sebesar 10%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 14%. Dan pada siklus II, aktivitas menuli,membaca sebesar 22%, mengerjakan LKS sebesar 38%, bertanya pada teman sebesar 25%, bertanya pada guru sebesar 11%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 4%. Data tersebut menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I menjadi lebih aktif pada siklus II.

Kata kunci: Brainstroming, aktivitas belajar, matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i2.2170

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Ida Mauli Hutagalung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.