PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MEMPERBAIKI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA DI KELAS XI MIA-5 SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A.2014/2015

Martogi Bangun Sianturi

Abstract


Penerapan model dilaksanakan dalam  penelitian tindakan selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan akhir Siklus I diperoleh; 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 68 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 49% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 82 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi  87%, sehingga penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa karena memberikan ketuntasan hasil belajar secara klasikal; 2) Hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu kejujuran dari 32% menjadi 69%, disiplin dari 36% menjadi 71%, tanggung jawab dari 34% menjadi 65%, ketelitian dari 34% menjadi 73%, kerja sama dari 29% mejadi 74%.

Kata kunci          : Model Pemebelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i2.2172

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Martogi Bangun Sianturi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.