PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI KELAS VII-8 SMP NEGERI 7 MEDAN
Abstract
Penerapan akan dikemas dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang akan ditempuh dalam dua siklus. Dua siklus penelitian dibagi dalam empat pertemuan pembelajaran (KBM). Penelitian dikenakan pada siswa kelas VII-8 Medan dengan jumlah 40 siswa.
Pada siklus I hanya 21 siswa mendapat ketuntasan belajar, atau persentasi kelulusan sebesar 52,5 % dengan rata-rata 76. Pada siklus II 35 siswa mendapat nilai tuntas, dan menyisakan 5 orang siswa tidak tuntas atau ketuntasan sebesar 87,5% dengan rata-rata 81. Data aktivitas menulis, membaca (40%), aktivitas mengerjakan LKS (27%), bertanya sesama teman (8 %), bertanya kepada guru (12,5 %), dan yang tidak relevan dengan KBM (12,5 %). Data aktivitas menulis, membaca (30%), aktivitas mengerjakan LKS (48%), bertanya sesama teman (10,5 %), bertanya kepada guru (5 %), dan yang tidak relevan dengan KBM (6,5 %).
Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model
Pembelajaran Problem Solving
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2839
Article Metrics
Abstract view : 290 timesPDF - 270 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jennie R.A. Simanungkalit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.