UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA BIDANG STUDI EKONOMI DI KELAS XII IPS-3 SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A.2014/2015

Tiamsa Napitupulu

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini akan ditempuh dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII IPS-3 dengan jumlah 33 siswa. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa 1) Data aktivitas siswa rata-rata menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain menulis/membaca (38%), mengerjakan LKS (29%), bertanya sesama teman (8%), bertanya kepada guru (17%), dan yang tidak relevan dengan KBM (7%), sedangkan data aktivitas siswa rata-rata menurut pengamatan pada Siklus II antara lain membaca (33%), mengerjakan LKS (38%), bertanya sesama teman (20%), bertanya kepada guru (7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%). Sehingga terjadi perbaikan aktivitas belajar siswa dalam dua siklus; 2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada Formatif I menunjukkan rata-rata 57,1 dengan ketuntasan klasikal 45% dan Formatif II menunjukkan rata-rata 82,4 dengan ketuntasan secara klasikal 88% atau mencapai ketuntasan secara klasikal dengan peningkatan ketuntasan klasikal 35%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Aktivitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2854

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tiamsa Napitupulu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.