Menciptakan Tokoh Magda Dalam Naskah Jam Dinding Yang Berdengkang Karya Ilham Rifandi

Cintami Sukma Wati

Abstract


Naskah Jam Dinding Yang Berdengkang karya Ilham Rifandi merupakan naskah yang bergaya surealisme. Tema yang diangkat dalam naskah Jam Dinding Yang Berdengkang karya Ilham Rifandi adalah tema kemiskinan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah 1). Menganalisis tokoh Magda dalam Naskah Jam Dinding Yang Berdengkang karya Ilham Rifandi yang berpijak dari naskah Jam Dinding Yang Berdetak karya Nano Riantiarno. 2). Mengemas pemeranan dan pertunjukan mengenai kemiskinan di Kota Medan berdasarkan naskah Jam Dinding Yang Berdengkang karya Ilham Rifandi. Dalam menciptakan tokoh Magda penulis menggunakan metode akting Boleslavsky Metode akting Boleslavsky sangat membantu penulis dalam menciptakan tokoh Magda yang diinginkan. Hasil dari penerapan metode akting Boleslavsky ini adalah terciptanya tokoh Magda yang melankolia, tegas, dan rapuh. Adapun kesimpulan dari proses penelitian ini adalah dapat menciptakan tokoh Magda dalam naskah Jam Dinding Yang Berdengkang karya Ilham Rifandi dengan menggunakan metode akting Boleslavsky. Metode akting Boleslavsky mampu mendukung penulis dalam menciptakan tokoh Magda tersebut.


Full Text:

PDF

References


Boleslavsky, Richard. (1933). The First Six Lessons: Enam Pelajaran Pertama Bagi Calon Aktor. Jakarta: Djaja Sakti.

Creswell. (2008). Education research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (3rd ed). London: Upper Saddle River.

Egri, Lajos. (1960). The Bone Structure and Dialectical Approach. New York: Routledge.

Rifandi, I. (2022). The Development Of Makyong Acting Training Method For Environment Of Traditional Theater Courses. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 6 (2): 328-336.




DOI: https://doi.org/10.24114/jils.v1i1.43075

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 37 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jils.v1i1.43075.g20315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.