Balain Bunyi: Komposisi Musik dengan Pendekatan Reinterpretasi Tradisi
DOI:
https://doi.org/10.24114/ilj.v1i2.49813Abstract
Disharmoni atau baliang yang ada pada lagudi kesenian Indang Pariaman merupakan ide dasar pengkarya untuk diwujudkan kedalam bentuk komposisi musik karawitan. Ketertarikan pengkarya pada disharmoni atau baliang pada lagu di kesenian indang Pariaman ini dihadirkan dalam bentuk vokal dan melodi baru dengan memakai beberapa teknik penggarapan, diantaranya pengolahan tempo, dinamika, dan beberapa teknik penyambungan dimana dalam penyajiannya, pengkarya bagi menjadi dalam dua bagian karya. Karya ini menggunakan pendekatan garap reinterpretasi tradisi dan digarap dalam bentuk karya baru yang terlepas dari bentuk asli dari tradisi Indang Pariaman tersebut. Karya ini bertunjuan untuk mengembangkan ide dan menggarap komposisi yang bersumber dari disharmoni (baliang) pada indang Pariaman menjadi komposisi musik baru yang terlepas dari kesenian aslinya. Metode yang digunakan saat pembuatan karya ini adalah proses pengamatan, diskusi, kerja studio dan perwujudan.References
Asril. (1995). Indang Pariaman, Tinjauan dari Struktur Penyajian. Laporan Penelitian. Padangpanjang: ASKI Padangpanjang.
Barani, Bana. (2010). Darak Ding Dang Dung. Laporan Karya Seni. Padangpanjang: STSI Padangpanjang.
Ediwar. (1995). Indang Pariaman Salah Satu Pertunjukan Rakyat Minangkabau. Diktat Kuliah. Padangpanjang: ASKI Padangpanjang.
Mack, D. (2001). Musik kontemporer dan persoalan interkultural. Artline.
Martiano, Vereki. (2016). Diskriminasi Dua Rasa. Laporan Karya Seni. Padangpanjang: ISI Padangpanjang.
Piliang, Y.A. (1994). Pastiche, Parodi, Kitsch, dan Camp. Jurnal Kalam Bandung.
Waridi. (2008). Gagasan dan Kekayaan Tiga Empu Karawitan. Surakarta: Etnoteater Publisher dan BACC Kota Bandung.
Yusasputra, Handri. (2013). Pambunuah Tigo Suduik. Laporan Karya Seni. Padangpanjang: ISI Padangpanjang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vernando Hafiwendri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of In Laboratory Journal
Copyright for published papers is assigned to the author. The undersigned represents and warrants that the paper is original and that he or she is the author of the paper, except for material clearly identified as the original source, with a notice of permission from the copyright owner where required. The undersigned certifies that the person concerned has the power and authority to make and carry out this assignment.