Under Pressure: Interpretasi Pengalaman Empiris Terhadap Sistem Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24114/ilj.v1i2.49994Abstract
Karya tari Under Pressure ini berangkat dari pengalaman empiris terhadap Sistem pendidikan. Pengalaman tersebut dirasakan saat mengemban pendidikan formal sampai saat sekarang ini. Tenaga pendidik yang kurang inovatif dan kreatif serta aturan sistem sekolah menjadi faktor yang mempengaruhi kapasitas kemampuan anak. Fenomena tersebut menjadi ide gagasan penulis yang digarap kedalam konsep garapan tari baru. Konsep tersebut diusung dengan tipe tari abstrak yang menuangkan pemikiran dan mengimajinasikannya tanpa mengunakan cerita. Metode yang diterapkan dalam garapan ini melalui observasi lapangan, improvisasi, pembentukan, dan evaluasi. Hasil karya ini ditampilkan dalam bentuk pertunjukan karya tari menggunakan panggung proscenium. Manfaat dari hasil penciptaan karya tari ini diharapkan dapat memberikan edukasi terhadap perkembangan dunia pendididkan formal saat ini. Karya ini juga dapat menjadi stimulus bagi tenaga pendidik untuk lebih komprehensif dalam menyikapi sistem pendidikan yang berlaku.References
Ben, S. (1985). Komposisi Tari Sebuah Pertunjukan Praktis Bagi Guru. Yogyakarta: Ikalasti.
Elfedt, Lois. (1977). Pedoman Dasar Menata Tari, Terjemahan Sal Murgianto. Jakarta: Lembaga Pendidikan Kesenian.
Freire, Paulo. (1972). Pendidikan Kaum Tertindas, Terjemahan LP3ES. Jakarta: LP3S
Herawati, N. I. (2012). Pendidikan pertama pada anak. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).
Kartika, S. D. (2018). Karya Seni Sanggit: Perjumpaan Tradisi Modern Dalam Paradigma Kekaryaan Seni Rupa. Jurnal Budaya Nusantara, 2(1), 216-228.
Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.
Irianto, I. S., Gustyawan, T., & Handayani, L. (2023). Implementation of Vocal Training Methods from the Stanislavski System in the Kanti Becakap. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 7(1), 160-171.
Permatasari, D. S., & Handayani, E. W. (2018). KARYA TARI œMbuk E Jleg. Solah, 8(1).
Yusril Sahrul, N., & Zebua, E. (2020). Directing and Acting Designs in Yusril™s Theater Work œBangku Kayu dan Kamu yang Tumbuh Di Situ.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rangga Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of In Laboratory Journal
Copyright for published papers is assigned to the author. The undersigned represents and warrants that the paper is original and that he or she is the author of the paper, except for material clearly identified as the original source, with a notice of permission from the copyright owner where required. The undersigned certifies that the person concerned has the power and authority to make and carry out this assignment.