Adaptasi Masyarakat Transmigran Jawa Terhadap Kebudayaan Masyarakat Desa Maro Sebo

Gian Indah Pratiwi, Febri Yulika, Emzia Fajri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat transmigran Jawa ke Desa Maro Sebo dan mendeskripsikan dampak dari adaptasi tersebut. Teori yang dipakai yaitu teori adaptasi dari Jhon William Bennnet. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat  6 bentuk adaptasi masyarakat transmigran Jawa terhadap kebudayaan masyarakat Desa Maro Sebo yang meliputi adaptasi bahasa, adaptasi kesenian, adaptasi mata pencaharian, adaptasi organisasi dan kekerabatan, adaptasi religi dan adaptasi peralatan hidup. Kemudian, selama adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat transmigran Jawa, terdapat juga dampak positif dan negatif yang timbul dan dirasakan oleh masyarakat asli Desa Maro Sebo.

Full Text:

PDF

References


Aslan, & Yunaldi, A. (2018). Budaya Berbalas Pantun Sebagai Media Penyampaian Pesan Perkawinan Dalam Acara Adat Istiadat Perkawinan Melayu Sambas. Jurnal Transformatif.

Bennet, John William. (1976). Human Ecology as Human Behavior. New Jersey: Transaction Publishers.

Dewi, Astina Buana. (2023). Adaptasi Masyarakat Adat Terhadap Modernitas. Jurnal Universitas Mahendradatta, 1(6).

Fitriani, Cicik. (2014). Interaksi Sosial Transmigran Jawa Dengan Masyarakat Lokal Di Kayuagung Kecamatan Mapanga Kabupaten Parigi Mautong. E Journal Geo-Tadulako UNTAD.

Koentjaraningrat. (2005). Pengantar Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lestari, Ririn. (2021). Tingkat Adaptasi Masyarakat Transmigran dikawasan Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Marinda, Leny. (2017). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal IAIN Jember, 1(13).

Mawardi, Rizal. (2019). Penelitian Kualitatif Pendekatan Etnografi. Jakarta: ProQuest.

Pamekas. Eka B. Z. (2019). Adaptasi masyarakat Bantaran sungai terhadap Banjir di Kelurahan Pakowa Kota Manado. Jurnal Universitas Sam Ratulangi, 2(6).

Pitoyo Agus Joko dan Hari Triwahyudi. (2017). Dinamika Perkembangan Etnis di Indonesia dalam Konteks Persatuan Negara. Jurnal Universitas Gadjah Mada, 1(6).

Syariffudin. (2019). Kemampuan Adaptasi Masyarakat Transmigran Jawa di Lahan Gambut Desa Jejangkit Timur, Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Ilmiah Bidang Pengelolaan SumberDaya Alam dan Lingkungan. Universitas Lambung Mangkurat BanjarBaru, 3(15).

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal UIN Maulana Malik Ibrahim.

Widiawati. Apria. (2021). Adaptasi Masyarakat Transmigran Jawa Terhadap Kebudayaan Masyarakat Lampung. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yulmardi. (2019). Transmigrasi di Provinsi Jambi (Kesejahteraan dan Sebaran Pemukiman Generasi kedua Transmigran). Jawa Tengah: CV. Pena Persada.




DOI: https://doi.org/10.24114/ilj.v2i1.56434

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 0 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/ilj.v2i1.56434.g23293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.